Peduli Sepak Bola Indonesia, Sineas Ganda Hartadi Buat Turnamen untuk Anak
Sepak bola anak (ist)

Bagikan:

JAKARTA - Gagalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 membuat sepak bola Indonesia berduka. Bibit-bibit unggul yang telah bersiap untuk menyongsong Piala Dunai U-20 harus kehilangan impian.

Tak mau sekedar menyesali, Penata Efek Visual Ganda Hartadi membuat langkah nyata untuk mendukung kemajuan sepak bola Indonesia. Ganda menyelenggarakan GO.AT CUP GRASSROOTS FOOTBALL TOURNAMENT 2023. Acara ini akan diadakan pada 27-28 Mei 2023 di KingKong Arena, Cijantung, Jakarta Timur.

Turnamen ini diharapkan bisa menjadi tempat bagi anak-anak untuk bermain dan belajar lebih banyak, dengan aturan porsi bermain yang sama untuk setiap anak, agar tiap anak bisa mendapatkan pengalaman yang sama untuk bermain dan berkembang. Bisa dibilang, ini adalah Grassroots Tournament pertama dengan prinsip dasar GO.AT ‘GOOD ATTITUDE’ (perilaku yang baik).

“Mungkin di Jabodetabek ini sudah banyak kompetisi sepak bola untuk anak-anak SD. Namun, disini kami ingin membuat sebuah kompetisi yang menyenangkan dan adil untuk anak-anak. Adil maksudnya, semua anak harus mendapatkan waktu bermain yang sama, dan kami tak hanya memberikan penghargaan untuk pemain terbaik dalam kompetisi, tapi juga pemain terbaik dalam setiap tim, agar mereka lebih diapresiasi. Bahkan mungkin ini kompetisi sepak bola Sekolah Dasar pertama yang juga memberikan apresiasi untuk para pelatih," ujar Ganda saat dihubungi Kamis, 31 Maret.

Ganda mengatakan, ia melihat banyaknya kekeliruan dalam perkembangan sepak bola anak usia dini (grassroots), sehingga bisa berdampak buruk terhadap mental atau psikologis anak-anak. Bahkan tekanan ini dapat meninggalkan trauma pada anak-anak yang menyebabkan seorang anak bisa menguburkan niatnya menjadi pemain sepak bola. Sayangnya, kita tidak sadar bahwa akan ada bakat-bakat hebat di sepak bola yang hilang dan tidak menciptakan generasi pesepak bola yang baik.

“Yang saya lihat di lapangan, banyak sekali tekanan-tekanan dari pelatih, orang tua maupun beberapa pihak sekolah yang membebankan anak-anak untuk selalu mengejar kemenangan dalam setiap pertandingan dengan segala cara. Padahal harusnya, bermain adalah alat yang terbaik untuk belajar. Yang lebih penting, anak-anak harus bergembira. Elemen yang sangat penting dari grassroots football adalah hubungan sosial, semangat tim dan bergembira," ujar penata visual effect film Adagium tersebut.

Ganda ingin memastikan anak-anak yang bergabung dalam GO.AT CUP GRASSROOTS FOOTBALL TOURNAMENT 2023 bermain sepak bola dengan alasan yang benar, yaitu untuk bersenang-senang, untuk berolahraga, belajar, bersosialisasi, berteman, dan membuat kenangan bersama.

"Perkembangan karakter, mental dan psikologis anak-anak jauh lebih penting dari pada kemenangan sesaat yang hanya memuaskan ego orang dewasa. Harus diingat, mereka (anak-anak) bukan miniatur orang dewasa. Yang perlu kita lakukan adalah memberikan wadah untuk anak dapat berkembang melalui jalur sepakbola,” ucap Ganda lagi.