Biar <i>Enggak</i> Kembung, Begini Kiat Memasak Kubis untuk Mengurangi Kandungan Gas
Ilustrasi (Victoria Emmerson/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sudah jadi pengetahuan umum kalau kubis merupakan jenis sayuran yang tinggi kadar gasnya. Kandungan serat yang melimpah dalam kubis jadi satu penyebab mengapa sayuran ini mengandung gas tinggi. Selain itu, jenis sayuran yang memiliki kelopak seperti kubis, kangkung, brokoli, dan kembang kol, mengandung rafinosa, gula yang tidak dapat dicerna lambung. Karena rafinosa difermentasi oleh bakteri di usus, maka gas pun diproduksi sehingga menyebabkan Anda mengalami kembung dan rasa tidak nyaman setelah konsumsi makanan ini.

Selain itu, kubis juga merupakan sumber glukosinolat yang mengandung belerang, senyawa tanaman yang terkenal karena efek antioksidan dan anti-inflamasinya. Karena kandungan belerang tersebut, gas yang dihasilkan saat Anda mengonsumsi sayuran berkelopak dapat memiliki bau yang sangat berbeda.

Salah satu cara mengurangi efek gas dari kubis yaitu dengan teknik memasak yang tepat. Secara umum, memasak dapat membantu mengurangi efek ini dengan 'melunakkan' serat, membuatnya sedikit lebih mudah dicerna sistem pencernaan. Selain itu, memasak kubis juga membantu mengurangi jumlah belerang dalam sayuran yang dapat membantu mengatasi bau.

Buat Anda yang penasaran bagaimana cara memasak kubis agar kandungan gas berkurang, berikut VOI rangkumkan hasil penelusuran dari laman Taste of Home, Kamis, 30 Maret.

Fermentasi

Makanan yang difermentasi akan lebih mudah dicerna pencernaan. Ya, bukan hanya sawi yang difermentasi masyarakat Korea jadi Kimchi, masyarakat Jerman memfermentasi kubis jadi makanan khas sehat yakni Sauerkraut. Saat proses pembuatan, sangat penting memotong kubis dengan baik hingga jadi potongan kecil dan kemudian Anda bisa berkreasi dengan bumbu dan rempah yang berbeda.

Rebus

Secara umum, metode merebus membuat kubis lebih mudah dicerna, yang dapat membantu mengurangi gas. Untuk mempertahankan nutrisi dalam kubis yang akan hilang saat Anda menguras airnya, cobalah sup kubis atau sup kubis gulung Meksiko. Anda bisa menambahkan sayuran lain, seperti tomat dan sumber protein (seperti kacang-kacangan, lentil, atau ayam) untuk makanan yang lebih mengenyangkan.

Panggang

Selain membantu meningkatkan daya cerna, pemanggangan akan menghasilkan rasa manis alami karena gula dalam kubis menjadi karamel. Cobalah Kubis dan bawang panggang untuk lauk yang lezat. Anda bisa menyantapnya bersama daging panggang.

Agar rasa kubis tetap lezat saat disantap dengan tiga metode di atas, Anda dapat menambahkan beberapa rempah-rempah yang mudah ditemui di dapur. Menambahkan rempah yang tepat juga dapat membantu melancarkan pencernaan. Beberapa rempah yang sangat cocok dipadukan dengan kubis termasuk jahe dan kunyit.

Terkait