Merasa Diabaikan secara Emosional, Pakar Beri Tips untuk Mengatasinya
Ilustrasi penyebab pengabaian emosional dan cara mengatasi (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Diabaikan secara emosional oleh orang terdekat, bisa membuat seseorang merasa tidak dicintai dan kesepian. Namun, pengabaian emosional ini terjadi karena kedua pihak memiliki kondisi tertentu.

Psikolog klinis Kibby MacMahon, Ph.D. menjelaskan bahwa pengabaian emosional dirasakan ketika orang lain tidak memenuhi kebutuhan emosional Anda. Ini membuat Anda merasa ditolak, tidak dicintai, dan sangat kesepian. Nah ketika orang terdekat mengenali atau menanggapi kebutuhan emosional kita, sangat penting untuk kesejahteraan.

Pengabaian emosional kadang terjadi karena orang yang Anda cintai membutuhkan ruang atau tidak tahu cara membantu. Persepsi miring juga sering kali membuat kita jadi sangat sensitif terhadap perasaan sehingga merasa ditinggalkan, padahal sebenarnya tidak. Atau mungkin juga Anda terlalu mengharapkan orang tersedia secara emosional setiap saat. Merasa diabaikan secara emosional, melansir PsychCentral, Rabu, 15 Maret, mungkin dialami seseorang dengan borderline personality disorder (BPD), gangguan kepribadian dependen, dan cemas dengan gaya keterikatan.

pengabaian emosional
Ilustrasi penyebab pengabaian emosional dan cara mengatasi (Freepik/teksomolika)

Tingkat toleransi yang berbeda pada setiap orang juga berperan dengan munculnya rasa abai terhadap sisi emosional. Mungkin, orang dekat Anda menganggap ketersediaan emosional terasa ‘mahal’. Selain juga perlu dipahami ada faktor eksternal, seperti sibuk dengan pekerjaan dan banyak tanggung jawab lain. Ada pula faktor internal yang menyebabkan pengabaian emosional, seperti sifat, kecenderungan, dan historis kepribadian yang berbeda.

Psikoterapis Joyce Marter menambahkan, seseorang mungkin merasa tidak nyaman dalam situasi emosional, memproses perasaan seputar pengalaman serupa, menghadapi ketakutan hubungan, tidak yakin tentang bagaimana menunjukkan cinta, dan tidak memberikan dukungan yang dibutuhkan.

Marter juga menjelaskan, mungkin Anda merasa diabaikan secara emosional karena orang yang Anda cintai mengalami masa sulit. Seperti tantangan keuangan, ketidakamanan pekerjaan, konflik hubungan dengan orang lain, dan takut komitmen. MacMahon menutup, “tetap terhubung secara emosional adalah jalan dua arah”.

pengabaian emosional
Ilustrasi penyebab pengabaian emosional dan cara mengatasi (Freepik)

Untuk mengatasi rasa abai dan diabaikan, Anda perlu membuka perbincangan. Ungkapkan secara terbuka dan terima upaya tulus untuk terhubung dengan orang terdekat Anda. Tetaplah tenang ketika membuka pembicaraan. Hindari berekspektasi dan siap menerima apapun hasilnya. Perlu dipahami, Anda dan pihak yang membuat Anda merasa diabaikan adalah ‘pemain tim’. Cobalah untuk saling berkolaborasi dan kurangi bersikap defensif.

Saat berbincang, perlu mengingat bahwa percakapan bersifat dua arah. Pertimbangkan untuk mendengarkan ketika orang yang Anda cintai mengekspresikan pikiran dan perasaannya. Selain itu, jadilah teman terbaik yang berbelas kasih daripada melulu mengkritik yang berefek buruk pada keterikatan hubungan.