Mengenal 5 Tujuan Parenting dan Cara Mempraktikkannya dalam Kehidupan Sehari-hari
Ilustrasi tujuan parenting dan cara mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari (Freepik/fxquadro)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Membersamai buah hati hingga mereka mandiri dan mampu memilih jalan hidupnya sendiri, tentu bukan hal yang instan. Pertimbangan nilai, kepercayaan, budaya, dan moral perlu dijadikan landasan. Untuk itu, penting bagi orang tua mengetahui apa sih tujuan dari parenting secara universal dan bagaimana cara mempraktikkan konsep parenting dalam kehidupan sehari-hari. Berikut, melansir American Psychological Association, Selasa, 14 Maret, penjelasan mengenai tujuan dan praktik parenting dalam keseharian.

Tujuan parenting

Tujuan dari parenting adalah untuk membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal, baik secara fisik, emosional, sosial, dan intelektual. Beberapa tujuan parenting yang lebih spesifik meliputi sebagai berikut.

1. Membantu anak mengembangkan kemampuan fisik dan keterampilan

Orang tua harus membantu anak mengembangkan kemampuan fisik, seperti keseimbangan dan koordinasi motorik, serta keterampilan, seperti membaca, menulis, dan berbicara. Selanjutnya, keterampilan dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat juga perlu mulai dikenalkan sejak mereka usia batita.

tujuan parenting dan cara mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
Ilustrasi tujuan parenting dan cara mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari (Freepik)

2. Membantu anak mengembangkan kemampuan sosial dan emosional

Orang tua harus membantu anak mengembangkan kemampuan sosial, seperti berinteraksi dengan orang lain, membangun hubungan yang sehat. Tak luput pula mengembangkan kemampuan emosional, seperti mengelola emosi dan kepercayaan diri.

3. Mengajarkan nilai-nilai dan moralitas

Orang tua harus membantu anak memahami dan menghargai nilai-nilai dan moralitas. Hal tersebut terkait dengan kejujuran, kerja keras, dan menghormati pada orang lain.

4. Membantu anak mencapai potensi maksimal

Membantu anak mengeksplorasi minat dan bakat mereka perlu dimulai dari rumah. Orang tua mengambil peran penting dalam eksplorasi minat bakat anak meskipun di sekolah juga mengupayakan menggali. Tetapi, orang tua adalah pihak yang secara emosional dan fisikal dekat dengan anak. Artinya, orang tua perlu memberikan dukungan dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai potensi maksimal.

5. Membantu anak menjadi mandiri

Orang tua harus membantu anak belajar mandiri. Termasuk melakukan tugas-tugas sehari-hari dan mengambil keputusan yang bijaksana diantara masalah sejalan dengan perkembangan serta pertumbuhan anak.

tujuan parenting
Ilustrasi tujuan parenting (Freepik/prostooleh)

Tujuan parenting dapat berbeda-beda tergantung pada kebutuhan anak, serta konteks dan budaya tempat keluarga tinggal. Namun, tujuan utama dari parenting adalah membantu tumbuh kembang anak menjadi pribadi yang sehat, bahagia, dan bertanggung jawab.

Cara mempraktikkan konsep parenting dalam kehidupan sehari-hari

Parenting adalah pengasuhan anak yang dilakukan dengan penuh kesadaran, pengertian, dan pemahaman akan kebutuhan serta karakteristik anak yang bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

1. Memberikan perhatian yang cukup pada anak

Anak membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari orang tua. Orang tua harus memberikan waktu yang cukup untuk berinteraksi dan bermain bersama anak. Di samping itu, perlu mendengarkan curhatan anak dengan penuh perhatian.

tujuan parenting
Ilustrasi cara mempraktikkan konsep parenting dalam kehidupan sehari-hari (Freepik/prostooleh)

2. Menerapkan disiplin yang positif

Disiplin yang positif adalah cara mengajarkan anak tentang konsekuensi dari tindakan mereka, tanpa menghukum atau menyakiti mereka secara fisik atau emosional. Disiplin yang positif melibatkan penggunaan pujian, dorongan, dan penghargaan untuk perilaku yang baik, serta memberikan konsekuensi logis untuk perilaku yang tidak diinginkan.

3. Menghargai perasaan anak

Anak juga memiliki perasaan dan kebutuhan emosional yang harus dihargai. Orang tua harus mendengarkan dan mengakui perasaan anak, serta memberikan dukungan dan pemahaman untuk membantu anak mengatasi masalah emosional yang dihadapi.

4. Memberikan contoh perilaku yang baik

Orang tua adalah panutan bagi anak-anak. Oleh karena itu, orang tua harus memberikan contoh perilaku yang baik dan positif, termasuk perilaku sopan santun, menghormati orang lain, dan menyelesaikan masalah dengan cara yang baik dan konstruktif.

5. Mengajarkan nilai-nilai yang penting

Orang tua harus mengajarkan nilai-nilai yang penting seperti kejujuran, kerja keras, dan menghargai perbedaan. Nilai-nilai ini dapat membantu anak tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang baik dan bertanggung jawab.

6. Memperhatikan kesehatan anak

Orang tua harus memperhatikan kesehatan fisik dan mental anak, seperti memberikan makanan yang sehat dan cukup tidur. Karena bermain dan bersosialisasi penting bagi anak-anak, maka pastikan mereka memiliki waktu untuk bermain serta bersosialisasi dengan teman sebaya.

Itulah penjelasan mengenai tujuan parenting dan cara mempraktikkannya. Bukan perkara mudah, tetapi kalau dilakukan secara konsisten akan mendukung lahirnya generasi muda yang tangguh, bertanggung jawab, dan tentu saja sukses di masa depan.