Kemben <i>Tube Top</i> untuk Tampil Kekinian, Ikuti Tips Memadukannya
Ilustrasi tips padu padan tube top atau kemben (Sumber: Stylecaster)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tube top atau di Indonesia familiar dikenal dengan kemben, kerap dipakai sebagai pakaian yang melengkapi kebaya. Belakangan, outfit ini populer dipakai wanita untuk tampilan lebih modern. Tak hanya untuk dalaman kebaya, tetapi menyempurnakan blazer, coat, bahkan dipakai manis saat dipadukan dengan celana kargo.

Tube top merupakan salah satu outfit yang populer pada periode 90-an. Atasan strapless ini, dijahit dari berbagai bahan. Untuk hari-hari yang panas atau malam elegan, outfit ini dipakai. Berikut tips memadu padankan tube top untuk penampilan modern Anda.

1. Padu padan tube top kesan kasual

Dengan padu padan kemben berbahan kulit sintetis, Anda bisa tampil kasual. Sekilas terlihat kasual karena bahannya begitu maskulin. Tetapi kalau dipadukan dengan bawahan berbahan linen, membantu mengarahkan fokus jadi terlihat lebih feminin. Agar outfit berbahan kontras ini menyatu, coba berkreasi dengan kombinasi warna lembut. Misalnya celana linen potongan longgar berwarna cokelat muda atau krem. Lengkapi penampilan santun Anda dengan luaran atau outer berbahan sama dengan tube top.

tips padu padan outfit kemben tube top
Ilustrasi tips padu padan tube top atau kemben (Pexels/Bruno Mendez)

2. Kemben hitam dan celana putih

Warna kontras hitam-putih tak pernah salah kalau dipadukan. Termasuk ketika Anda memadukan kemben yang sudah lama tak dipakai dengan celana flare berwarna putih. Agar lebih keren, sempurnakan penampilan menggunakan ikat pinggang berwarna hitam. Jika berani dan percaya diri, pilih sabuk warna lebih colorful.

3. Tube top untuk dalaman setelan jas

Ice cream suit juga populer musim ini. Anda bisa memasukkan tube top sebagai dalaman suit. Ukuran jas lebih longgar, mungkin akan lebih nyaman. Lebih penting lagi, pakai sepatu paling favorit dengan gaya bebas, bisa kasual dengan sepatu kets atau high shoes untuk tampil lebih stand-out.

tips padu padan kemben tube top
Ilustrasi tips padu padan tube top atau kemben (Pexels/Mostera)

4. Tube top hitam dan rok

Kemben hitam koleksi Anda, bisa kok dimanfaatkan untuk tampil kekinian. Misalnya dipadukan dengan rok warna kontras. Kalau rok berwarna putih, Anda bisa mewarnai penampilan dengan lebih banyak pilihan warna tas atau aksesoris lainnya. Nah, kalau rok warna pastel, bisa juga dipadukan dengan atasan kemben lalu lengkapi dengan outer nyaman.

5. Tube top berlapis dan celana hitam

Kemben dalam budaya Jawa punya filosofi khusus. Umumnya dipakai wanita bangsawan dan terbuat dari beludru. Outfit ini dianggap sebagai perwujudan keanggunan wanita, estetika, dan ekspresi feminitas.

tips padu padan kemben tube top
Ilustrasi tips padu padan tube top atau kemben (Pexels/Lokman Sevim)

Kian hari, filosofi tersebut dicerap secara bebas dan setiap wanita yang memakainya memiliki tujuan tertentu dalam memakai tube top. Seperti untuk tampil lebih percaya diri hingga berkreasi dalam memadu padankan pakaian. Untuk tube top berwarna hitam, bisa pula dipadukan dengan bawahan warna serupa. Yaitu dengan warna hitam yang bahkan bisa berbahan denim.

Itulah tips padu padan kemben tube top untuk tampil kekinian. Disamping inspirasi di atas, Anda bisa memadukan dengan outfit lainnya.