Mengenal Ragam Fungsi Silica Gel dalam Kehidupan Sehari-hari
Ilustrasi silica gel (multifacetedgirl /Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebagian besar orang pasti pernah menemukan silica gel yang terbungkus kertas di dalam tas baru, kotak sepatu, gadget, makanan, boks obat, dan peralatan lainnya. Silica gel ditempatkan di sana karena suatu alasan. Lantas, apa sebenarnya fungsi silica gel?

Fungsi Silica Gel dalam Kehidupan Sehari-hari 

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 5 Maret 2023, berikut fungsi silica gel dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Menyelamatkan ponsel yang basah

Disadur dari Time of India, silica adalah cara terbaik untuk menyedot kelembapan dari ponsel yang basah. Cukup oleskan kelebihan air dengan bantuan kain lembut dan pisahkan baterainya. Simpan ponsel dan baterai di dalam kemasan zip-lock dan geser paket gel silikon ke dalamnya. Biarkan semalaman dan nyalakan keesokan paginya.

  1. Mencegah kelembapan

Salah satu alasan mengapa silica gel kerap ditemukan di dalam kemasan makanan adalah karena dapat menjaga kelembapan.

Ada dua jenis silica gel yaitu sintetis dan alami. Khususnya pada silica gel khusus makanan atau obat-obatan terdapat zat anti lembab untuk menyerap partikel dan uap air di udara.  

  1. Menjaga kualitas produk kemasan.

Telah disinggung di atas bahwa silica gel dapat menjaga kelembapan. Diketahui, kelembapan (air), merupakan komponen yang dibutuhkan bakter dan mikroorganisme untuk bertahan hidup.

Jika kelembapan air diserap oleh silica gel, maka kualitas produk kemasan akan tetap terjaga.

Itulah mengapa Anda akan melihat banyak produk yang mengandung gel silika, mulai dari botol vitamin, hingga kurma kering, kotak sepatu, wadah pengering, dan segala macam.

  1. Melindungi sepatu

Masih dari Times of India, silica gel dapat melindungi sepatu kulit dari kerusakan. Hal ini tak karena sifat silica gel yang dapat menyerap kelembapan udara. Sepatu yang disimpan pada wadah yang lembap, akan menjadi cepat lapuk.

  1. Mencegah bau apek

Dikutip dari Howstuffworks, Barang yang disimpan dalam tempat tertutup dan lembab akan sangat rentan menjadi bau.

Untuk mencegah bau apek, Anda bisa meletakkan silica gel di dalam tempat penyimpanan barang.

  1. Mencegah pertumbuhan jamur pada kosmetik

Fungsi silica gel yang berikutnya yakni dapat mencegah terjadinya pertumbuhan jamur pada kosmetik bertekstur bubuk. Selain itu, silica gel juga bermanfaat supaya kosmetik tersebut tidak mudah menggumpal yang membuatnya sulit diaplikasikan.

  1. Menjaga perhiasan tetap berkilau

Silica gel juga bisa digunakan untuk menjaga kilau dari perhiasan jenis perak dan emas. Caranya, cukup letakkan beberapa kantung silica gel dalam kotak perhiasan untuk menghambat kerusakan.

  1. Mencegah jamur pada tas kulit

Tas berbahan dasar kulit sangat rentan ditumbuhi jamur, terlebih jika disempan di tempat yang lembap.

Supaya tas kulit Anda tidak ditumbuhi jamur, letakkan silica gel di dalam lemari atau wadah yang digunakan untuk menyimpan tas.

  1. Mencegah karat pada pisau cukur

Pisau cukur yang sudah pernah dipakai, sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu sebelum disimpan di dalam wadah toples.

Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya karat pada stainless pisau. Selain itu Anda dapat menggunakan silica gel di wadah pisau cukur agar tetap tahan lama.

Demikian informasi tentang fungsi silica gel dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.