Tips Menjaga Produktivitas Tinggi di Tengah Kepadatan Aktivitas Anak Muda seperti Shalom Razade
Shalom Razade (Foto: IG @sharazaaa)

Bagikan:

JAKARTA - Shalom Razade punya perhatian tersendiri untuk mengatur pola hidupnya. Sebagai anak muda yang disibukkan dengan jadwal yang padat, anak dari Wulan Guritno itu selalu punya cara tersendiri agar semua pekerjaannya berjalan efektif.

Baru-baru ini, Shalom bergabung bersama sebuah gerakan anak muda yang bersuara mengenai banyak hal. Lewat gerakan #YourVoiceMatters yang diinisiasi Z Creators, Shalom mengajak anak-anak muda untuk tak melakukan aktivitas secara berlebihan.

Ia menilai banyak anak muda yang selalu mendorong tubuhnya untuk melakukan aktivitas berlebihan tanpa diselingi istirahat. Baginya, hal tersebut tidak terlalu efektif, mengingat tubuh juga perlu istirahat.

"Iya (buat jadwal istirahat). Istirahat penting banget, for your brain, it actually works. Kalau kita lelah, otak itu bisa kemana-mana. Yang anak muda itu perlukan itu sekarang istirahat," ungkap Shalom Razade di konferensi pers Your Voice Matters di Kemang, Jakarta Selatan pada Rabu, 1 Maret 2023.

"Kadang aku lihat anak muda itu energinya gak abis-abis. Aku kayak pernah gitu tapi jadi sakit. Kadang heran juga, kok mereka energinya banyak. Tapi, untuk aku pilih istirahat aja deh, kalau ngelakuin apa-apa itu jadi efektif," sambungnya.

Shalom juga mengatakan bahwa dirinya adalah salah satu tipe anak muda yang selalu mengutamakan istirahat agar kesehatannya, baik secara fisik maupun psikis tetap terjaga dengan baik.

"Badan aku tuh tipe yang menampung kelalahan dan segala macem, jadinya when my body gets too much, it breaks down and I get sick. Itu yang harus dihindari," tuturnya.

Jika kelelahan, kata Shalom, seseorang akan menjadi tidak produktif dan melakukan prokrastinasi. Oleh karena itu dirinya sangat menjaga kesehatan. "Kalau kita capek, kerjaan gak selesai, procrastination, jadi males ngapa-ngapain. Health is number one for me," tandas Shalom.