Mengenal Pijat Sensual dalam Praktik Tantra, Begini Cara dan Tekniknya
Ilustrasi pijat sensual untuk meningkatkan kenikmatan bercinta (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pijat sensual dalam praktik tantra disebut dengan pijat yoni. Tujuannya untuk menciptakan hubungan intim antar manusia. Seseorang juga bisa mempraktikkan pijat sensual ini untuk mengenal tubuh mereka.

Banyak orang beranggapan bahwa tantra identik dengan seks tantra. Padahal seks merupakan salah satu aspek dari tantra, dilansir Medical News Today, Senin, 20 Februari. Menurut bahasa Sansekerta dan dipraktikkan di India kuno hingga saat ini, yoni merupakan sebutan dari vulva atau vagina. Secara kasar diterjemahkan sebagai ‘goa suci’ atau ‘ruang suci’.

Pijat yoni, selain menciptakan hubungan intim antar manusia, juga membantu orang merasa lebih nyaman dengan dirinya sendiri. Caranya dengan mengeksplorasi dan mengembangkan hubungannya dengan tubuhnya sendiri. Dalam tantra yoga misalnya, pijat yoni meningkatkan kenikmatan seksual.

pijat sensual untuk meningkatkan kenikmatan bercinta
Ilustrasi pijat sensual untuk meningkatkan kenikmatan bercinta (Freepik)

Beberapa praktisi tantra, percaya bahwa mempraktikkan pijatan ini dapat membantu seseorang mengatasi trauma seksual karena membantu mengendalikan seksualitasnya dan mempelajari apa yang mereka sukai. Namun penting dipahami, pijat yoni tidak memiliki manfaat medis.

Sementara beberapa orang mungkin mengalami orgasme akibat pijatan yoni. Beberapa juga menemukan bahwa itu mengarah pada multiple orgasme. Perlu dipahami bahwa setiap orang memiliki preferensi masing-masing. Dan manfaat pijat yoni sepenuhnya tergantung pada individu.

Pijat yoni, umumnya aman dilakukan asalkan dilakukan secara aman dan higienis. Sebelum melakukannya, seseorang perlu melakukan hal di bawah ini:

  • Mencuci tangan sebelum dan sesudahnya
  • Membersihkan alat pijat dengan benar
  • Tidak memasukkan benda apapun ke dalam vagina yang dapat menyebabkan luka atau infeksi
  • Berhenti jika pijatan tidak nyaman atau menyakitkan

Alat yang umum digunakan untuk pijatan yoni, berbahan giok atau kristal. Ini sebenarnya tidak aman jika dimasukkan ke dalam vagina. Selain itu, beberapa minyak pijat dan pelumas jiga mengandung parfum yang juga tidak baik atau mengiritasi vulva serta vagina.

Cara melakukan pijat yoni

Praktisi mengatakan bahwa persiapan adalah kunci sebelum melakukan pijatan yoni. Seseorang harus mencoba mempersiapkan pikiran, tubuh, dan ruang. Anda dan pasangan bisa menggunakan tempat tidur atau lantai. Bisa juga menambahkan bantal dan selimut agar lebih nyaman. Ditambah lagi, atur suasana dengan pencahayaan yang kuning dan tidak terlalu terang. Anda juga bisa menambahkan aroma wewangian untuk ruangan.

pijat sensual untuk meningkatkan kenikmatan bercinta
Ilustrasi pijat sensual untuk meningkatkan kenikmatan bercinta (Freepik/cookie_studio)

Cara kedua, persiapkan pikiran dan posisi yang nyaman. Anda atau pasangan bisa berbaring nyaman di tempat tidur, lantai atau ruang pilihan lainnya. Letakkan bantal di bawah kepala dan satu lagi di bawah punggung. Tempatkan kaki dengan lembut tetapi kuat menginjak tanah, lutut ditekuk, dan kedua kaki terbuka.

Ketiga, lakukan pemanasan dengan mengatur napas. Tetaplah focus pada menghirup dan menghembuskan napas. Selanjutnya, beri sentuhan sensual untuk pemanasan di area tertentu, seperti payudara, areola, perut, kaki bagian atas, dan paha bagian dalam. Turunkan sentukan ke arah vulva tetapi pastikan pakai produk pelumas yang tidak mengiritasi kulit.

Untuk pemula, teknik pijatan perlahan dan mendengarkan apa yang dikatakan tubuh penting diperhatikan. Sentuh area klitoris dengan lembut, lepaskan, dan ulangi dengan menyentuh labia dalam dan luar yang terasa nyaman. Gerakan kecil dengan ritmis juga bisa dilakukan, seperti dengan gerakan berputar, bergulir, dan membekam. Kalau dengan pasangan, Anda bisa mengambil posisi teratai dan mengatur napas bersama-sama.