5 Herbal yang Bisa Bantu Turunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh
Ilustrasi (Suzy Hazelwood/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Kadar kolesterol sangat berpengaruh pada gaya hidup dan kebiasaan makan seseorang. Kolesterol tinggi dapat sebabkan masalah serius seperti serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan kerusakan saraf. 

Menurut CDC, kadar kolesterol dalam tubuh meningkat saat orang tidak aktif secara fisik dan makan lebih banyak makanan berminyak dan pedas. Karena penumpukan kolesterol di pembuluh darah, sirkulasi darah dalam tubuh tidak berjalan dengan baik, yang menyebabkan banyak penyakit.

Untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh, biasanya diperlukan obat kimia yang berfungsi mengendalikannya. Namun, tahukah Anda kalau herbal pun bisa bantu mengontrol kadar kolesterol? Melansir Times of India, Senin, 20 Februari, berikut uraian jelasnya.

Jahe

Jahe dikatakan kaya akan senyawa bioaktif yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Konsumsi sepotong kecil jahe secara teratur membantu mencegah banyak penyakit dan infeksi.

Biji Fenugreek 

Biji ini kaya akan vitamin C dan serat, yang juga dapat membantu mencegah banyak penyakit. Anda bisa meminum air rebusan biji fenugreek atau mencampurkannya ke dalam sayuran. Kedua cara ini bisa bantu Anda turunkan kadar kolesterol tubuh.

Gooseberry

Banyak nutrisi seperti vitamin, serat, folat, antioksidan, fosfor, dan zat besi ditemukan dalam satu biji buah gooseberry. Mengonsumsi  gooseberry secara teratur membantu mengontrol kadar kolesterol tubuh. Untuk mengurangi kolesterol, Anda bisa mengonsumsi setengah gooseberry setiap hari. Selain itu, Anda dapat memasukkan hal-hal seperti jus gooseberry dan selai gooseberry ke dalam makanan Anda.

Daun kemangi

Daun kemangi dikatakan kaya akan xenoyl, yaitu unsur yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Telah terungkap dalam penelitian yang dilakukan pada daun kemangi bahwa sifat antibakteri dan antijamur yang ada di dalamnya membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Anda dapat mengonsumsinya dengan cara meminum air rebusan daun kemangi, teh daun kemangi, dan menjadikan kemangi sebagai salah satu menu lalapan.

Minyak zaitun

Minyak zaitun dianggap sangat baik dalam hal kesehatan. Minyak ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yang membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Penelitian tentang minyak zaitun mengungkapkan bahwa mengonsumsinya secara teratur juga membantu mengontrol tekanan darah tinggi.