7 Hal dalam Persahabatan yang Memperkaya Diri dan Kehidupan
Ilustrasi hal dalam persahabatan yang memperkaya diri (Freepik/Lifestylememory)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kebosanan dan kesepian dapat dirasakan ketika tak punya jejaring persahabatan yang sehat. Dengan memiliki teman atau sahabat, seseorang dapat menjalin koneksi yang segar, melahirkan ide yang menarik, bahkan mungkin meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Dalam pertemanan yang sehat, Anda bisa memperkaya diri dan kehidupan. Secara spesifik, berikut hal  dalam persahabatan yang didapat.

1. Lebih sering gembira

Kegembiraan ditunjukkan tidak hanya dalam komunikasi verbal. Komunikasi non verbal juga dapat memajukan diri, bahkan Anda bisa diperhatikan dengan tatapan, colekan, atau aksi-aksi lain dari teman Anda. Seringnya memang non linier, atau enggak presisi dengan sesuatu yang paling Anda butuhkan. Tetapi, Anda memeroleh support system yang baik dengan saling berinteraksi, berkomunikasi, dan memberikan kabar satu sama lain.

2. Lebih ringan dalam menyelesaikan masalah

Ketika menghadapi masalah, akan lebih mudah jika dibicarakan. Termasuk jika dipercakapkan dengan teman-teman Anda. Dengan begitu saran terbaik didapatkan tanpa diminta.

hal dalam persahabatan yang memperkaya diri
Ilustrasi hal dalam persahabatan yang memperkaya diri (Freepik/lookstudio)

3. Kepedulian yang nyata

Kepedulian yang tulus ditunjukkan pada lingkaran persahabatan tanpa mengatakan “Aku tulus”. Ini secara alamiah, karena orang terdekat tidak akan perhitungan dan menjelaskan nilai yang sudah tertanam, seperti ketulusan, kejujuran, dan memberikan bantuan.

4. Kesenangan dan keterbukaan

Humor yang baik dan kejujuran pantas jadi pola komunikasi dalam persahabatan. Ini juga mendukung kenyamanan, lebih sedikit masalah, dan bisa saling membantu meski tak masuk dalam prioritas.

5. Menguatkan

Kadang dalam memutuskan satu hal, seseorang merasakan keraguan. Pada saat merasakan ini, sahabat bisa jadi tempat untuk memberikan keyakinan dan menguatkan.

hal dalam persahabatan yang memperkaya diri
Ilustrasi hal dalam persahabatan yang memperkaya diri (Freepik)

6. Membuat kita belajar

Setiap orang memiliki preferensi masing-masing. Dalam preferensi yang berbeda pada jejaring pertemanan, seseorang bisa saling belajar. Baik belajar untuk dirinya sendiri, atau belajar memahami aspek eksternal terkait dengan wacana yang dilemparkan dalam percakapan.

7. Komitmen yang jelas

Kemampuan timbal balik dalam berempati, didapatkan dalam lingkaran pertemanan. Kadang meski berjauhan dan masing-masing menjalani kehidupannya maisng-masing, masih tanpa sadar saling memikirkan atau saling memberi kabar.

Itulah hal dalam persahabatan yang dapat memperkaya diri dan kehidupan. Selain yang disebutkan di atas, terdapat sikap saling menghargai, menghormati, dan memahami kekuatan masing-masing dalam menangani persoalan.