Rekomendasi 6 Tanaman untuk Mempercantik Dekorasi Dapur
Ilustrasi tanaman untuk mempercantik dapur (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menambahkan tanaman hias untuk dekorasi, tentu perlu sejumlah pertimbangan. Apalagi untuk dapur yang memiliki situasi khas, seperti kelembapan tinggi, suhu yang cenderung panas, dan cahaya yang terbatas. Perlu diingat bahwa untuk menanam tanaman di dapur, Anda perlu memperhitungkan fungsi. Berikut, rekomendasi tanaman yang tak hanya berfungsi memurnikan udara, tetapi ada pula yang bisa dimakan, hingga dianggap baik sesuai feng shui.

1. Tanaman kopi

Apabila Anda pecinta kopi, bisa pula memelihara tanaman kopi varietas arabika untuk dapur. Meskipun kecil kemungkinan dapat memanen biji kopi dalam tanaman ruangan, tetapi daun tanaman kopi yang mengkilap akan membuat dapur Anda terasa menyenangkan. Penting diketahui, tanaman kopi membutuhkan cahaya terang tetapi tidak langsung. Agar tetap tumbuh subur, siram secara rutin.

2. Tanaman herbal

Menanam herba di dapur adalah pilihan yang tepat. Karena tidak ada bahan yang lebih baik daripada memasak dengan herba segar, organik, yang ditanam di rumah sepanjang tahun. Selama dapur Anda memiliki lokasi yang menerima sinar matahari langsung yang cerah hampir sepanjang hari, herba akan tumbuh dengan mudah.

tanaman untuk mempercantik dekorasi dapur
Ilustrasi tanaman untuk mempercantik dapur (Freepik)

Sebagai alternatif, Anda juga bisa menanam herbal dengan bantuan grow-light. Varietas herbal yang mudah tumbuh di dalam ruangan termasuk daun bawang, peterseli, mint, thyme, rosemary, basil, oregano, dan ketumbar.

3. Sukulen

Jika Anda memiliki ambang jendela yang cerah di dapur, succulents adalah pilihan yang bagus. Istilah 'sukulen' digunakan untuk menggambarkan tanaman yang menyimpan air dalam berbagai struktur seperti daun atau batangnya. Ini membuatnya tahan kekeringan dan pemeliharaannya rendah.

Ada ratusan jenis sukulen yang tersedia dalam berbagai bentuk, warna, dan ukuran yang menakjubkan.Spesies sukulen yang populer termasuk echeveria, haworthia, lidah buaya, crassula, kalanchoe, sedum, dan banyak lagi.

tanaman untuk mempercantik dekorasi dapur
Ilustrasi tanaman untuk mempercantik dapur (Freepik/Racool_studio)

4. Pothos

Pothos atau dengan nama ilmiah Epipremnum aureum merupakan beberapa tanaman hias termudah untuk dirawat. Mereka beradaptasi dengan baik pada berbagai kondisi cahaya yang berbeda dan dianggap relatif toleran terhadap kekeringan. Melansir The Spruce, Selasa,31 Januari, tanaman ini membuat bisa diletakkan pada pot gantung sehingga tidak menyita ruang.

5. Sansevieria

Sansevieria juga dikenal sebagai lidah mertua, adalah salah satu tanaman hias yang paling populer. Tanaman ini ada berbagai warna, bentuk, dan ukuran yang berbeda. Jangan khawatir soal perawatan, pasalnya tanaman ini bukan tipe tanaman yang manja karena dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi terang hingga kurang cahaya.

6. Pohon karet

Beberapa orang percaya bahwa pohon karet dapat mengundang keberuntungan. Pohon dengan nama ilmiah Ficus elastica, dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi pertumbuhan dan dapat tumbuh menjadi pohon berukuran penuh di habitat aslinya. Saat ditanam di dalam ruangan, pemangkasan teratur menjaga ukuran dan bentuknya perlu dilakukan. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa varietas berbeda untuk mencocokkan struktur pohon dengan warna dan desain dapur Anda.

Di atas merupakan keenam tanaman yang paling tahan tumbuh dalam ruangan terutama ketika diletakkan di dapur. Anda bisa memilihnya salah satu sesuai dengan ukuran dapur. Atau jika Anda ingin meletakkan beberapa di antaranya, pertimbangkan keluasan ruangan dan ukuran potnya.