Bisa Buat Tubuh Tetap Terhidrasi, Simak 7 Manfaat Buah Semangka
Ilustrasi (Lisa Fotios/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Semangka dipercaya pertama kali ditanam lebih dari 4.000 tahun yang lalu di wilayah Afrika Timur. Manis dan berair, menjadikan buah satu ini suguhan sempurna mengatasi rasa haus selama musim panas.

Buah bulat besar dengan kulit hijau dan daging merah cerah juga dikemas dengan nutrisi, termasuk antioksidan, vitamin A dan C. Melansir Healthline, Senin, 30 Januari, berikut tujuh manfaat buah semangka bagi kesehatan.

Membantu menghidrasi tubuh

Pengaturan suhu tubuh, menormalkan fungsi organ, dan pengiriman nutrisi ke sel merupakan sebagian dari proses tubuh yang bergantung jika tubuh terhidrasi. Makan makanan dengan kandungan air yang tinggi dapat membantu memberikan tubuh Anda air yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik.

Nah, semangka terdiri dari 92 persen air, menjadikannya pilihan tepat untuk asupan air harian. Selain itu karena kandungan airnya tinggi, semangka memiliki jumlah kalori rendah. Mengonsumsi makanan dengan kalori rendah, membantu mengatur berat badan dengan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Mengandung nutrisi dan senyawa tanaman yang bermanfaat

Semangka mengandung berbagai nutrisi, termasuk potasium, magnesium, serta vitamin A dan C. Semangka juga relatif rendah kalori, yakni sekitar 152 gram saja. Semangka juga kaya akan citrulline, jenis asam amino yang dapat meningkatkan performa olahraga. Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan, termasuk vitamin C, karotenoid, likopen, dan cucurbitacin E.

Senyawa ini membantu memerangi radikal bebas, yaitu molekul tidak stabil yang dapat merusak sel Anda jika menumpuk di tubuh Anda. Seiring waktu, kerusakan ini dapat menyebabkan kondisi seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Mencegah kanker

Beberapa senyawa tumbuhan yang ditemukan dalam semangka, termasuk lycopene dan cucurbitacin E, memiliki kemungkinan efek antikanker. Meskipun hasil penelitian beragam, asupan likopen dapat dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat dan kolorektal.

Likopen diyakini bekerja dengan menurunkan kadar faktor pertumbuhan mirip insulin (IGF) dalam darah, hormon yang mendorong pembelahan sel. Selain itu, cucurbitacin E dapat menghambat pertumbuhan tumor dengan mengembangkan autophagy sel kanker. Autophagy adalah proses di mana tubuh Anda menghilangkan sel-sel yang rusak.

Meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa nutrisi dalam semangka diyakini dapat mendukung kesehatan jantung. Studi menunjukkan bahwa likopen dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Ini juga dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi. 

Semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh Anda. Oksida nitrat membantu pembuluh darah Anda mengembang, sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Membantu mencegah degenerasi makula

Senyawa likopen dalam semangka bermanfaat juga bagi mata Anda. Degenerasi makula terkait usia (AMD) adalah masalah mata umum yang dapat menyebabkan kebutaan pada lansia. Peran likopen sebagai senyawa antioksidan dan antiinflamasi dapat membantu mencegah dan menghambat AMD. Satu studi tabung reaksi yang merawat sel mata dengan likopen menemukan bahwa konsumsi rutin semangka dapat menurunkan inflamasi yang merusak sel.

Meredakan nyeri otot

Citrulline yang ditemukan dalam semangka dapat meningkatkan performa olahraga dan mengurangi nyeri otot. Satu penelitian menemukan bahwa asupan citrulline secara teratur dalam bentuk kapsul suplemen selama minimal 7 hari meningkatkan kinerja aerobik dengan meningkatkan produksi oksida nitrat tubuh. Senyawa ini membantu melebarkan pembuluh darah sehingga jantung Anda tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Menjaga kesehatan kulit

Vitamin A dan C yang terkandung dalam semangka penting untuk kesehatan kulit. Vitamin C membantu tubuh menghasilkan kolagen, protein yang membuat kulit kenyal dan menguatkan rambut. Asupan vitamin C yang lebih tinggi dari makanan atau suplemen dapat mengurangi kemungkinan mengalami kerutan dan kulit kering. Vitamin A juga penting untuk kesehatan kulit karena membantu pembentukan dan perbaikan sel kulit.