Resep Sate Maranggi Sedap dan Empuk, Tanpa Perlu Bumbu Kacang
Ilustrasi sate maranggi (Freepik/8 Foto)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sate menjadi salah satu kuliner andalan di Indonesia. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki sate khas masing-masing. Salah satunya sate maranggi dari Purwakarta, Jawa Barat. Resep sate maranggi sangat istimewa dan berbeda dengan sate lainnya. 

Sate maranggi banyak digemari karena memiliki rasa yang legit dan nikmat. Selain itu, bahan yang digunakan pun berbeda dengan sate lainnya. Sate ini menggunakan daging sapi. Ada juga yang memakai daging kambing. Dagingnya dimarinasi dengan berbagai bumbu yang menghasilkan rasa sedap. 

Sate maranggi disajikan tanpa memakai bumbu kacang karena hasil marinasi daging sudah memiliki cita rasa yang kuat. Namun ada sebagian orang yang menikmati sate ini dengan cocolan tambahan seperti sambal kecap dan cabai. 

Resep sate maranggi pun banyak dicari karena rasanya yang memang memikat lidah. Anda bisa membuat sate maranggi sendiri di rumah tanpa perlu jauh-jauh ke Purwakarta. 

Asal-Usul Sate Maranggi

Dari segi bahasa, istilah ‘maranggi’ berasal dari kata bahasa Sunda yang artinya petukangan. Petukangan adalah julukan bagi seorang yang ahli membuat sarung keris. 

Ada banyak versi mengenai asal-usul atau sejarah sate maranggi. Beberapa peneliti dan penulis buku menyebutkan bahwa sate maranggi merupakan kuliner yang berasa dari Cina. Seperti makanan asal China pada umumnya yang masuk ke Indonesia, kuliner ini kemudian bertransformasi menyesuaikan budaya dan agama di tanah air. 

Menurut penuturan orang-orang zaman dahulu, sate maranggi dibawa oleh para pendatang dari dataran China yang menetap di tanah Sunda atau Jawa Barat bagian tengah. Mulanya bahan sate ini adalah daging babi. Rasanya mirip dengan dendeng babi dan ayam berempah di China, Taiwan, dan Hongkong. 

Namun sate ini kemudian disesuaikan dengan masyarakat di Indonesia. Dengan menyebarnya agama Islam, sate ini kemudian diolah menggunakan daging sapi dan kambing. 

Ada versi sejarah lain yang menyebutkan bahwa sate maranggi berasal dari Cianjur. Konon orang yang pertama menciptakan sate ini adalah seseorang bernama Mak Ranggi pada ratusan tahun lalu di Purwakarta. 

Resep Sate Maranggi Sedap

Apabila Anda ingin merasakan nikmatnya sate maranggi, tidak perlu jauh-jauh ke Purwakarta. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep berikut ini. 

Bahan Utama 

- Daging sapi 500 g

- Gula merah 1 sdm

- Air asam jawa 2 sdm

- Daun pepaya 5 lembar

- Minyak sayur 2 sdm

- Lada bubuk setengah sdt

- Kaldu sapi bubuk setengah sdt

- Kecap manis seperlunya

Bumbu Halus

- Bawang merah 5 butir

- Bawang putih 1 siung

- Jahe 1 cm

- Lengkuas 1 cm

- Ketumbar butiran 1 sdt

Bahan pelengkap

- Kecap manis pedas

- Bawang merah goreng

Cara Membuat Sate Maranggi

1. Potong daging menjadi seukuran dadu.

2. Bungkus daging menggunakan daun pepaya, diamkan selama 30 menit agar empuk.

3. Haluskan bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe, dan ketumbar.

4. Panaskan minyak dengan api sedang. Kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga aromanya harum dan matang.

5. Campur daging ke dalam bumbu yang sudah ditumis. Kemudian tambahkan lada, air asam jawa, kaldu sapi bubuk, gula merah, dan sedikit minyak. 

6. Aduk hingga semuanya tercampur rata. Kemudian diamkan selama 1 jam hingga bumbu meresap.

7. Daging yang sudah matang kemudian ditusuk menjadi sate.

8. Bakar sate dan oleskan kecap manis pedas hingga matang.

9. Sajikan sate maranggi yang sudah matang dengan taburan bawang merah dan kecap seperlunya. 

Demikianlah resep sate maranggi empuk dan sedap. Anda bisa membuat sate maranggi sendiri di rumah dengan resep tersebut. Bahkan jika masakan Anda lezat, Anda bisa membuka usaha sate maranggi sendiri di rumah. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.