5 Alasan Kenapa Komitmen Penting dalam Hubungan Percintaan
Ilustrasi kenapa komitmen penting dalam hubungan percintaan (Freepik/master1305)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Anggapan mengenai cinta sebagai kunci dijalinnya hubungan, ternyata tak cukup membuat dua orang yang memutuskan bersama bisa mengatasi konsekuensi. Sehingga komitmen diperlukan untuk ‘mengikat’ perasaaan berbunga dan mampu mengatasi seluruh tantangan seperti patah hati, pengkhianatan, dan ketidaksetiaan. Jadi apa itu komitmen dan kenapa komitmen penting dalam sebuah hubungan?

Komitmen adalah mendedikasikan, jika tak disebut dengan mengabdikan, kepada seseorang atau sesuatu khususnya dalam suatu hubungan. Misalnya, jika Anda menjanjikan kesetiaan dan dedikasi pada pasangan Anda, maka Anda sedang berkomitmen kepada mereka. Selain pada pasangan, komitmen juga bisa merujuk pada profesi atau pekerjaan. Tetapi, kalau dalam konteks hubungan percintaan, ini alasan kenapa setiap pasangan membutuhkan komitmen.

1. Terbentuknya hubungan yang stabil

Komitmen meningkatkan jalinan kemitraan dan mendorong hubungan saling percaya. Keduanya memengaruhi stabilitas dalam hubungan percintaan. Dengan begitu, hubungan bisa berkembang dan bertahan langgeng.

kenapa komitmen penting dalam hubungan percintaan
Ilustrasi kenapa komitmen penting dalam hubungan percintaan (Freepik/teksomolika)

2. Menciptakan landasan yang kuat untuk cinta

Kasih sayang, pacaran, dan cinta dikembangkan atas dasar kepercayaan, pengabdian, dan komitmen.Keterikatan yang yang tak didasari komitmen, hanya bisa bertahan untuk waktu yang singkat. Tetapi jika ada dasar yang kuat untuk kesetiaan, ataukomitmen yang kuat dari kedua orang dalam suatu hubungan, maka bisa mempertahankan hubungan.

3. Membangun landasan kepercayaan

Hubungan tanpa kepercayaan tidak mungkin terjalin menyenangkan, melansir YourTango, Kamis, 26 Januari. Karena hanya dengan komitmen, kesetiaan akan berkembang dan menciptakan rasa aman baik secara emosional maupun fisik. Dengan rasa aman tersebut, setiap orang yang berkomitmen dapat selalu mengandalkan satu sama lain untuk mendukung dalam masa-masa sulit.

4. Meningkatkan rasa hormat

Hubungan yang berhasil harus memiliki rasa hormat. Karena tanpanya, hubungan secara bertahap dapat memburuk. Komitmen juga menjadi landasan untuk menghargai tujuan dan kebutuhan seseorang. Sehingga enggak terlalu mengontrol dan persetujuan dibuat untuk batasan sehat.

5. Konsisten membangun koneksi

Memiliki kecerdasan emosional dan intelektual juga menjadi landasan komitmen. Komitmen dimulai dengan keputusan yang mengarah pada kesetiaan, bukan untuk saling membatasi atau mengontrol. Komitmen yang sehat, dimulai dengan membuat keputusan sendiri secara sadar. Kemudian dibicarakan dengan pasangan untuk menemukan batasan sehat dan persetujuan.

Itulah kelima alasan kenapa komitmen penting dalam hubungan percintaan. Dengan berkomitmen, Anda dan pasangan bisa berkolaborasi menjalankan peran masing-masing tanpa mengabaikan kebutuhan sendiri atau kebutuhan bersama.