5 Cara Menetapkan Batasan untuk Melindungi Diri dari Pengaruh Negatif
Ilustrasi cara menetapkan batasan sehat dari orang lain yang membawa pengaruh negatif (Freepik/kroshka_nastya)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Karena manusia adalah makhluk sosial, artinya tidak mungkin tidak berelasi dengan orang lain. Tetapi bagaimana cara berelasi dengan orang lain yang membawa pengaruh buruk? Ini merupakan tantangan yang bukan buruk. Tetapi perlu diatasi secara bijak tanpa melukai orang lain dan tidak mengurangi jejaring relasi Anda. Bagaimana caranya?

1. Mereka yang negatif bukan tanggung jawab Anda

Ada pemisah yang jelas antara mereka yang memberikan pengaruh negatif dan Anda. Melansir Psychology Today, Kamis, 19 Januari, suasana hati mereka bukan suasana hati Anda. Artinya kalau orang lain mengalami hari buruk, Anda tak harus mengalaminya juga. Lebih jauh lagi, Anda perlu membatasi emosi dan tidak perlu menerima kondisi tersebut sebagai kesialan Anda.

2. Bukan tugas Anda untuk memperbaiki

Sama seperti poin di atas, Anda tidak memiliki tanggung jawab untuk memperbaiki suasana hati orang lain. Termasuk orang lain yang memberikan pengaruh dalam suasana hati Anda. Karena terlalu dekat atau karena seorang sahabat, kita terlalu terlibat dalam emosi orang lain. Kenyataannya adalah bahwa suasana hati hanya dapat diubah oleh orang tersebut. Artinya, suasana hati mereka adalah sesuatu di luar kendali Anda, dan menerima ini adalah langkah pertama untuk mengurangi rasa frustrasi karenanya.

cara menetapkan batasan sehat untuk melindungi diri dari pengaruh negatif
Ilustrasi cara menetapkan batasan sehat untuk melindungi diri dari pengaruh negatif (Freepik/wayhomestudio)

3. Menjadi pendengar yang bijak

Anda bisa menjadi orang berempati, tetapi tidak larut. Mungkin sahabat Anda membutuhkan saran atau pemecahan dari masalah yang mereka alami. Cobalah tetap menjadi pendengar yang baik tanpa bergabung dengan hal-hal negatif.

4. Bertanggung jawab atas suasana hati Anda

Emosi dan suasana hati bisa menular, tetapi Anda harus tetap pada pendirian. Maksudnya, Anda perlu bertanggung jawab atas suasana hati Anda sendiri tanpa terpengaruh efek negatif dari orang lain. Cara paling sederhana adalah ambil napas dalam-dalam dan tempattkan diri Anda kembali pada emosi yang stabil.

5. Menetapkan batasan yang sehat

Jika seorang rekan kerja selalu mengeluh tentang pekerjaannya, cukup beri tahu mereka bahwa Anda tidak punya waktu untuk itu. Contoh lain, apabila seorang teman mengeluh tentang betapa irinya dengan kehidupan yang baik, maka beri tahu mereka bahwa seseorang butuh bekerja keras untuk mendapatkannya. Anda bisa menetapkan batasan yang sehat, dengan mengetahui kebutuhan personal Anda terlebih dahulu.

Itulah kelima cara untuk melindungi diri dari pengaruh negatif orang lain. Selain itu, Anda perlu menjaga diri dengan baik. Pastikan cukup istirahat, makan seimbang, maka dengan begitu Anda merasa kuat dan tidak rentan terhadpa suasana hati negatif di sekitar Anda.