Soal Pernikahan Ada Baiknya Belajar dari Kisah Erwin dan Natalie di Cek Toko Sebelah 2
Karakter Erwin yang diperankan Ernest Prakasa dan Natalie diperankan oleh Laura basukidi film Cek Toko Sebelah 2 (IST)

Bagikan:

JAKARTA - Film Cek Toko Sebelah 2 yang tayang di bioskop sejak 22 Desember 2022 lalu menghadirkan kisah Erwin (Ernest Prakasa) dan Natalie (Laura Basuki) yang tengah mempersiapkan pernikahan.

Melalui kisah tersebut, terdapat pesan di mana setiap pasangan yang sudah saling mengenal dan yakin untuk menjalin hubungan yang serius, serta ingin melanjutkan hubungan mereka ke jenjang pernikahan kerap menghadapi rintangan.

Rintangan

Adapun rintangan yang dihadapi bukan untuk dihindari, melainkan dipersiapkan secara matang sesuai harapan dari kedua belah pihak beserta keluarga yang juga akan terlibat.

Berkaca dari apa yang ditanpilkan Erwin dan Natalie, berikut beberapa persiapan yang perlu dipikirkan sebelum memutuskan untuk menikah.

Menentukan budget

Sebelum menikah, penghitungan budget menjadi sangat penting. Karena ada banyak pengeluaran yang harus dipikirkan. Bukan hanya untuk acara pernikahan, tetapi budget yang akan digunakan untuk memulai hidup baru setelah resmi berumah tangga.

Bagi beberapa padangan, budget mungkin dapat dipikirkan di kemudian hari. Namun, penghitungan yang tepat dapat menghilangkan potensi konflik yang bisa timbul pada saat sebelum pernikahan, saat pernikahan dan di masa awal berumah tangga.

Fokus pada persiapan

Setiap calon pengantin pasti mendambakan hari pernikahan yang terbaik. Oleh karena itu, setiap pasangan perlu menyiapkan mulai dari tanggal pernikahan, lokasi, katering, undangan hingga dekor dan baju yang akan digunakan.

Dewasa ini, persiapan tersebut bisa saja diserahkan sepenuhnya kepada jasa wedding organizer. Namun, tanpa keterlibatan pasangan secara aktif, pernikahan bisa menjadi membosankan dan tidak sesuai ekspektasi. Pasalnya, setiap pernikahan memiliki keunikannya masing-masing.

Jangan lupa kelengkapan lain

Repot menyiapkan hal-hal besar, jangan sampai kamu lupa menyiapkan printilan kecil, seperti souvenir, cincin kawin, dekor seserahan hingga melakukan prewedding session.

Hal-hal kecil tersebut bisa membuat sebuah pernikahan menjadi lebih berkesan dan bukan tidak mungkin menempel diingatan banyak orang dalam waktu yang cukup lama.

Persiapan kesehatan

Kesehatan menjelang hari bahagia adalah hal penting, tapi lebih penting lagi membahas kesehatan di masa depan, seperti apakah kondisi kesehatan saat ini sudah siap untuk langsung punya anak, atau adakah kondisi khusus yang perlu diketahui pasangan. Semua harus dikupas tuntas bersama.

Upaya menutup-nutupi kondisi kesehatan terhadap pasangan yang akan melangsungkan pernikahan bisa menyebabkan dampak buruk di kemudian hari. Keterbukaan sangat diperlukan agar mental kedua pasangan sudah siap menghadapi berbagai kondisi yang muncul ke depan.

Restu keluarga

Jika semua poin di atas sudah disiapkan, yang satu ini adalah kunci utama, yaitu restu dari masing-masing orang tua. Jangan sampai semua sudah siap, ternyata belum mendapat lampu hijau dari keluarga kedua belah pihak.

Kehidupan rumah tangga yang harmonis tentunya menjadi dambaan setiap pasangan yang akan menikah. Diawali restu orang tua, keharmonisan rumah tangga untuj waktu yang lama lebih mudah dicapai.

Apakah Anda akan mempersiapkan pernikan juga seperti alur cerita yang coba dibangun Ernest Prakasa dalam film Cek Toko Sebelah 2 ini? Kalau ya, selamat mempersiapkan, semoga lancar sampai pernikahan.