Tips Perawatan Kulit Menggunakan Teh Hitam, Sudah Tahu Manfaatnya?
Ilustrasi tips perawatan kulit menggunakan teh hitam (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Teh ditemukan di Cina sekitar 5000 tahun yang lalu dan saat ini sangat populer di seluruh penjuru dunia. Teh, bisa menjadi pilihan alternatif minuman mengandung kafein selain kopi. Di samping itu, teh juga diformulasi dalam sejumlah produk skincare. Termasuk teh hitam yang tinggi antioksidan dan mengandung berbagai fitonutrien, ternyata baik juga untuk perawatan kulit.

Untuk kulit, teh hitam memiliki berbagai manfaat. Di antaranya mencegah penuaan dini yang ditandai dengan munculnya garis-garis halus dan penurunan kolagen. Manfaat ini ditemukan dalam penelitian dilansir NDTV, Senin, 9 Januari. Selain itu, teh hitam juga mengurangi pigmentasi yang disebabkan paparan sinar UV dari matahari. Tak berhenti di situ, manfaat teh hitam ialah membantu menghilangkan noda pada kulit. Nah, tips perawatan kulit menggunakan teh hitam, berikut caranya.

1. Kompres kulit dengan kantong teh

Setelah Anda menyeduh teh hitam untuk diminum, jangan membuang kantong tehnya. Kantong teh hitam yang sudah dingin, dapat digunakan untuk mengompres kulit wajah. Cara ini bertujuan melindungi kulit dari kerutan dan mengurangi enzim yang menurunkan kolagen. Menurut para peneliti, teh hitam memiliki khasiat lebih unggul dibandingkan jenis teh lain dalam menjaga kulit tetap kencang.

tips perawatan kulit menggunakan teh hitam
Ilustrasi tips perawatan kulit menggunakan teh hitam (Freepik)

2. Minum teh hitam

Dalam konteks teh hitam untuk perawatan kulit, tampaknya anggapan merawat kulit dari dalam teruji khasiatnya. Pasalnya, dengan minum teh hitam secara rutin dapat membantu mengurangi efek buruk dari terpapar sinar UV. Kulit akan terlihat cemerlang dan mengurangi risiko hiperpigmentasi.

Apabila Anda tak suka dengan rasa pahit teh hitam, bisa ditambahkan bahan lain seperti madu. Selain diminum, Anda juga bisa mengoleskannya ke kulit sebagai masker untuk menenangkan area yang terkena matahari.

3. Mengoleskan air seduhan teh hitam pada kulit

Bintik hitam pada kulit wajah bisa disebabkan banyak hal. Termasuk tanda penuaan atau terkena paparan sinar UV. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfatkan khasiat teh hitam. Caranya, seduh teh hitam dengan air panas dan tunggu hinngga dingin. Tujuannya agar senyawa baik dalam daun teh kering keluar. Kemudian siapkan bola kapas untuk mengaplikasikan air seduhan teh hitam pada kulit. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda bisa melakukan cara ini secara teratur.

Itulah tips perawatan kulit menggunakan teh hitam. Sebelum menggunakannya, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kulit Anda. Ini bertujuan agar sinkron dengan skincare harian yang Anda pakai.