Bagi yang Tak Punya Waktu Olahraga, Cobalah <i>Exercise Snacking</i> untuk Jaga Kebugaran
Ilustrasi  jaga kebugaran dengan exercise snacking (Freepik/jcomp)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pakar medis dan dokter spesialis merekomendasikan rutin olahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun adakah solusi untuk Anda yang terlalu sibuk hingga tak punya waktu olahraga? Tenang, Anda bisa mengalokasikan waktu jeda untuk exercise snacking. Apa itu ‘ngemil olahraga’ dan bagaimana caranya, yuk ikuti penjelasan lengkapnya.

Alih-alih olahraga dengan durasi waktu 45-60 menit tiga kali seminggu, Anda bisa exercise snacking dalam waktu yang lebih singkat. Tujuan melakukan olahraga ini, agar Anda tetap nyaman dan tubuh senantiasa bugar. Aktivitas yang tergolong ngemil olahraga ini, seperti halnya Anda menjalani rutinitas sehari-hari. Seperti berjalan-jalan dengan hewan peliharaan di rumah, meregangkan kaki, melakukan jumping jack sambil nonton televisi bahkan sambil bekerja di meja kerja Anda.

Anda dapat melakukan exercise snacking tanpa memengaruhi rencana waktu Anda dalam sehari, kata Joslyn Thompson-Rule, instruktur Peloton dilansir HuftPost, Jumat, 6 Januari. Ngemil dengan aktivitas setara olahraga ini, enggak hanya membuat Anda mudah menyesuaikan jadwal yang padat. Tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan, baik fisik hingga mental.

jaga kebugaran dengan exercise snacking
Ilustrasi jaga kebugaran dengan exercise snacking (Freepik/jcomp)

Menurut penelitian tahun 2019 dipublikasikan dalam Journal of Aging Research, ngemil olahraga ini dapat meningkatkan fungsi dan ukuran otot kaki. Ini bisa Anda lakukan dengan menaiki tangga selama beberapa menit dari sepanjang hari. Secara spesifik, manfaatnya dapat meningkatkan kesehatan jantung, menurut penelitian di Universitas McCaster dan UBC Okanagan.

Selain itu, ngemil olahraga juga dapat meningkatkan energi, mempermudah tidur lelap pada malam hari, dan meminimalisir kantuk sesaat setelah makan siang. "Tentu saja ini bagus untuk kesehatan jantung, tetapi hal besar bagi saya adalah dampak positifnya terhadap kesehatan mental juga," kata Thompson-Rule.

Itu artinya, ketika Anda tak bersemangat, kurang motivasi, dan fokus menurun, masukkan exercise snacking menjadi rutinitas Anda. Karena dapat membantu meningkatkan suasana hati dan secara umum bermanfaat bagi kesehatan mental Anda.

Ngemil olahraga ini, untuk Anda yang memiliki penyakit jantung atau sakit punggung, perlu konsultasikan gerakan aman pada dokter spesialis Anda. Paling mungkin dilakukan, dilansir laman Cleveland Clinic, adalah bergerak ringan misalnya dengan berjalan.

Cara melakukan exercise snacking, atur waktu dengan timer. Pilih empat jenis gerakan dan atur timer interval untuk melakukan gerakan tersebut selama 30 detik dan istirahat 20 detik. Anda bisa mengulangi interval tersebut selama delapan menit. Jika Anda dalam kondisi sehat, gerakan seperti push-up, squat, plank, lunges, bisa dilakukan secara menyenangkan. Menurut Thompson-Rule, exercise snacking mengubah gagasan bahwa Anda harus berolahraga dalam jangka waktu tertentu agar efektif.