6 Nilai yang Jadi Landasan Hubungan Langgeng dan Harmonis
Ilustrasi landasan nilai untuk hubungan langgeng dan harmonis (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pasangan yang telah berkomitmen lama, mungkin merasakan kesan yang berbeda tak lagi seperti pertama jatuh cinta. Bukan berarti tak lagi bahagia bersama, tetapi pasangan ini tanpa disadari memiliki nilai-nilai yang melandasi hubungan.

Sebuah pepatah mengatakan, bahagia itu dibuat dan direncanakan. Nah, yang melandasinya adalah nilai-nilai di bawah ini.

1. Kepercayaan

Orang yang saling mencurigai, tidak akan membangun mimpi bersama. Jika Anda terus-menerus mengkhawatirkan komitmen pasangan Anda, Anda tidak pernah merasa nyaman dengan mereka. Sikap ini justru membuat mereka pergi. Melansir Fatherly, Kamis, 29 Desember, kepercayaan adalah nilai hubungan yang tanpanya setiap pasangan tidak akan merasa nyaman satu sama lain.

Kepercayaan juga berkaitan dengan keamanan dan kerentanan. Apabila Anda dan pasangan melandasi nilai hubungan dengan kepercayaan, maka akan sepenuhnya aman menjadi diri sendiri termasuk dalam situasi yang rentan yang dihadapi bersama pasangan.

landasan nilai untuk hubungan langgeng dan harmonis
Ilustrasi landasan nilai untuk hubungan langgeng dan harmonis (Freepik/rawpixel.com)

2. Saling menjaga kepercayaan

Dengan saling menjaga kepercayaan, setiap pasangan bisa mengenal satu sama lain dengan baik. Keduanya berusaha yang terbaik untuk mendapatkan kebahagiaan. Pasangan yang dapat terus menemukan cara untuk saling mempertahankan dalam perspektif positif, akan lebih baik dalam suatu hubungan.

3. Etos yang kuat

Kesediaan untuk memperbaiki, maka semakin mudah masalah selesai. Etos yang kuat tergambarkan melalui energi yang dialokasikan untuk hubungan dan fokus. Ketika Anda dan pasangan saling memperhatikan kebutuhan dalam hubungan dan berkomitmen untuk fokus mencukupinya, maka hubungan tidak lagi dalam kondisi rapuh.

4. Berbasis persahabatan

Tidak semua nilai hubungan terasa seperti pekerjaan rumah. Seseorang masih bisa memiliki banyak nilai jika itu membuat Anda bahagia. Anda perlu menikmati kebersamaan dan memilih menghabiskan waktu dengan pasangan Anda. Dengan begitu, pasangan akan puas dengan upaya Anda sehingga ia akan melakukan hal yang sama. Hubungan yang berbasis persahabatan memiliki pola komunikasi yang lebih baik dan sedikit stres.

5. Loyalitas

Loyalitas atau kesetiaan melibatkan lebih dari komitmen kepada pasangan Anda. Itu berarti menunjukkan kesetiaan kepada pasangan Anda di saat apapun.

Dalam hubungan jangka panjang, mungkin merasa tidak nyaman saat melihat pasangan kita memiliki emosi yang kuat. Sehingga untuk mengakhiri ketidaknyamanan itu dengan mengkritik pasangan. Kritik itu membuat jarak di antara pasangan. Validasi lebih penting pada saat tersebut untuk menunjukkan bahwa Anda setia dan tidak memusuhi pasangan.

6. Tanggung jawab

Saat banyak tugas, lusinan alasan terlintas untuk tidak melunasi tanggung jawab. Padahal, tanggung jawab adalah nilai yang melandasi hubungan percintaan yang langgeng dan bahagia. Ini tidak berarti Anda dan pasangan harus menyerah pada banyaknya tanggung jawab. Tetapi upaya keras perlu diambil untuk memenuhi tanggung jawab.

Kelina nilai di atas, bisa direfleksikan dan dijadikan landasan hubungan Anda dan pasangan. Meski tak bisa dibangun instan, tetapi perubahan bertahan dan perbaikan perlu diprioritaskan.