Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Asia, Jumlah Penutur Bahasa Jawa Mengejutkan
Ilustrasi bahasa di Benua Asia (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Setiap negara memiliki bahasa nasionalnya masing-masing yang berbeda dengan negara lainnya. Di Benua Asia sendiri ada sebanyak 48 negara dengan beragam bahasa yang digunakan. Pertanyaannya, apa bahasa yang paling banyak digunakan di Asia?

Asia merupakan benua terbesar di dunia dan menjadi tempat tinggal lebih dari 4,46 miliar penduduk. Di benua seluas 44,58 km² ini terdapat sekitar 2.294 bahasa dan menjadi dengan keberagaman bahasa terbanyak dibanding benua lainnya. Di urutan kedua ditempati oleh Benua Afrika dengan sebanyak 2.144 bahasa yang masih digunakan. 

Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Asia

Dari berbagai bahasa yang masih digunakan untuk berkomunikasi, bahasa Mandarin menjadi bahasa yang paling banyak banyak penuturnya di Asia. Di samping itu, bahasa Mandarin menempati urutan kedua sebagai bahasa dengan penutur terbanyak di dunia setelah bahasa Inggris. 

Berikut daftar bahasa yang paling banyak dituturkan di Benua Asia:

Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin digunakan oleh sebanyak 1,1 miliar penutur. Jumlah orang yang tertarik menggunakan bahasa Mandarin semakin meningkat seiring dengan kemajuan China dalam sektor ekonomi dan bisnis. 

Bahasa Hindi

Urutan kedua bahasa yang paling banyak digunakan di Asia ditempati oleh bahasa Hindi. Bahasa Hindi merupakan bahasa resmi di India selain bahasa Inggris. Bahasa ini digunakan oleh sebanyak 698 juta penutur. Bahasa ini banyak dipakai untuk menunjang kebutuhan orang Asia dalam berbisnis di India.

Bahasa Arab

Bahasa selanjutnya yang paling banyak digunakan di Asia adalah bahasa Arab. Penutur bahasa Arab ada sebanyak 273 orang. Bahasa ini dipakai untuk komunikasi orang-orang yang tinggal di negara-negara Timur Tengah, tersebar di Asia Barat hingga Afrika Utara. Negara Asia Barat yang menggunakan bahasa ini, di antaranya Arab Saudi, Irak, Bahrain, Kuwait, Oman, Lebanon, Palestina, Qatar, EUA, Suriah, Yaman, dan Yordania. 

Bengali

Bahasa Bengali berada di urutan selanjutnya sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di Asia. Bahasa Bengali digunakan oleh sebanyak 265 juta penutur. Bahasa memiliki sejarah panjang karena berasal lebih dari seribu tahun lalu dan merupakan bagian dari sub-cabang Indo-Arya Timur. Bangsa ini adalah para penggembala dan keturunannya yang melakukan migrasi dari Asia Tengah ke Asia Selatan. 

Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia menempati urutan kelima sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di Asia. Bahasa Indonesia digunakan oleh sebanyak 200 juta penutur. Bahasa Indonesia menjadi bahasa ibu mayoritas penduduk Indonesia, meski saat ini masyarakatnya telah menggunakan dwibahasa. 

Meski penduduk Indonesia sangat banyak, tapi bahasa ini umumnya digunakan di daerah perkotaan. Selain itu, bahasa Indonesia juga dipakai oleh sebagian orang yang tinggal di negara tetangga seperti Malaysia dan Timor Leste.

Urdu 

Bahasa terbanyak digunakan selanjutnya adalah bahasa Urdu. Bahasa Urdu adalah bahasa resmi di Pakistan. Pengguna bahasa ini bahkan telah meningkat pesat di India utara dalam beberapa dekade terakhir. 

Bahasa Urdu merupakan bahasa warisan bangsa Mongol dari India Utara. Bahasa ini terus digunakan dan berkembang selama berabad-abad karena perdagangan. Menariknya, bahasa Urdu ditulis dari kanan ke kiri dengan alfabet yang sama dipakai untuk bahasa Arab dan Persia.

Bahasa Jepang

Bahasa Jepang menempati urutan ketujuh sebagai bahasa yang paling banyak dituturkan di Asia. Penduduk di Negara Jepang berjumlah sekitar 126 juta jiwa dan bahasa Jepang dipakai oleh sebanyak 150 juta penutur. 

Bahasa Jepang juga digunakan di negara lain, seperti Palau, Korea Selatan, Taiwan, Guam, Kepulauan Marshall, Hawai, Mikronesia, dan masih banyak lagi. Penggunaan bahasa Jepang bisa terus meningkat karena budaya-budaya negara sakura ini tersebar dan digemari di tingkat global atau internasional.

Bahasa Jawa

Bahasa Jawa masuk jajaran sebagai bahasa paling banyak digunakan di Asia, menempati urutan kedelapan. Bahasa Jawa digunakan oleh 84 juta penutur. Bahasa ini memiliki banyak penutur karena masyarakat suku Jawa tersebar di berbagai Pulau di Indonesia hingga di negara Suriname. Menariknya, terdapat beberapa dialek dalam bahasa Jawa, di antaranya dialek jawa timuran, banyumasan, hingga mataraman. 

Demikianlah informasi bahasa yang paling banyak digunakan di Asia serta urutannya. Meski penuturnya tidak sebanyak bahasa Mandari, bahasa Indonesia berhasil menduduki peringkat lima besar bahasa yang paling banyak dipakai di Benua Asia. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.