Cara Membuat Wajah Glowing dengan Lidah Buaya, Begini Resep dan Treatmentnya
Ilustrasi lidah buaya (Unsplash/pisauikan)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Memiliki wajah mulus dan glowing adalah impian setiap orang. Ada berbagai bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan kulit wajah. Salah satunya adalah menggunakan lidah buaya. Banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara membuat wajah glowing dengan lidah buaya. 

Lidah buaya atau aloe vera memang sudah dikenal memiliki khasiat untuk kesehatan kulit. Tanaman dengan daging bertekstur licin mirip gel ini memiliki kandungan air yang banyak, nutrisi, antioksidan, dan zat antiradang dan antibakteri. Berbagai macam kandungan tersebut dapat membuat kulit wajah menjadi cerah dan tampak awet muda. 

Banyak produk kecantikan dan kesehatan yang menggunakan bahan lidah buaya. Gel lidah buaya biasanya terdapat pada produk seperti sunscreen, pelembab, sabun, sampo, hingga serum wajah. Kandungan dalam lidah buaya juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan kulit, seperti mencerahkan area kulit yang gelap, mengobati jerawatan dan luka, mengatasi iritasi kulit, melembapkan kulit, mencegah penuaan dini, dan sebagainya. 

Cara Membuat Wajah Glowing dengan Lidah Buaya

Lidah buaya menjadi tanaman yang sering digunakan sebagai bahan produk kecantikan. Anda bisa memanfaatkan lidah buaya sendiri untuk merawat kulit di rumah. Ikuti tips dan langkah-langkah berikut ini. 

Mengoleskan Gel Lidah Buaya pada Kulit

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk perawatan kulit menggunakan lidah buaya adalah dengan mengoleskannya pada kulit. Sebelum itu, cucilah terlebih dahulu lidah buaya yang akan anda gunakan. Kemudian kupas kulitnya dan ambil dagingnya. 

Gel atau daging lidah buaya bisa anda iris atau bisa diolah menjadi jus. Hasil irisan atau jus tersebut kemudian dioleskan pada wajah atau kulit yang ingin dicerahkan. Jika ingin mendapat hasil yang maksimal, anda disarankan untuk mengoleskan gel lidah buaya di malam hari sebelum tidur dan bilas pada keesokan harinya. 

Masker Wajah Lidah Buaya dan Lemon

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah membuat masker dari campuran lidah buaya dan lemon. Anda bisa mencampurkan lidah buaya dengan perasan air lemon. Berikut langkah-langkah membuatnya. 

  • Campurkan dua sendok makan jus lidah buaya segar dan setengah sendok teh jus lemon. 
  • Campuran bahan tersebut kemudian dioleskan pada wajah atau kulit yang diinginkan.
  • Diamkan sejenak masker yang sudah dioleskan tersebut selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air. 

Campuran kedua bahan tersebut bermanfaat untuk membersihkan pori-pori kulit, mengangkat debu dan kotoran, hingga menghilangkan sel-sel kulit mati di wajah. Selain itu, bahan tersebut juga membantu menghasilkan kolagen, sehingga wajah bisa tampak lebih cerah, bersih, mulus, dan kencang.

Scrub dari Campuran Lidah Buaya, Gula, dan Minyak Zaitun

Anda juga bisa membuat scrub dari campuran lidah buaya, gula, dan minyak zaitun. Selain itu, anda juga bisa menggunakan tambahan bahan, yaitu gula putih dan minyak almond. Cara membuatnya cukup mudah, langkah-langkahnya sebagai berikut. 

  • Campurkan setengah gelas minyak zaitun atau minyak almond dan setengah gelas gula putih. Aduk bahan tersebut hingga merata.
  • Tambahkan dengan setengah gelas gel atau jus lidah buaya murni. Aduklah campuran tersebut hingga merata.
  • Oles dan gosokkan scrub tersebut ke seluruh permukaan kulit wajah, hindari area sekitar mata. 
  • Bilas olesan tersebut saat sudah selesai. 

Masker Lidah Buaya, Kopi, dan Gula

Cara lain untuk mencerahkan wajah adalah menggunakan masker dari campuran lidah buaya, kopi, dan gula. Butir gula bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati di wajah. Sementara bubuk kopi berfungsi menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata. 

Cara membuatnya cukup sederhana dan mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini. 

  • Campurkan 2 sendok makan gel lidah buaya, 1 sendok teh bubuk kopi, dan 1 sendok teh gula putih ke dalam mangkuk kecil. 
  • Aduk semua campuran bahan-bahan tersebut sampai merata dan lembut seperti tekstur gel. 
  • Setelah itu oleskan masker tersebut ke wajah atau bagian kulit yang diinginkan. 

Masker Lidah Buaya dan Pepaya

Tips lain untuk membuat wajah glowing adalah menggunakan masker dari campuran lidah buaya dan pepaya. Kandungan dalam buah pepaya bermanfaat untuk membuat kulit wajah tampak bercahaya dan menghilangkan bekas jerawat. 

Bahan-bahan untuk membua masker ini, di antaranya bubuk kakao, buah pepaya, dan gel lidah buaya. Cara membuatnya cukup mudah, ikuti cara berikut ini. 

  • Potong buah pepaya menjadi empat bagian dan kupas kulitnya. 
  • Taruh buah ke dalam mangkuk kecil. Campurkan 1 sendok makan bubuk kakao dan sejumlah gel lidah buaya secukupunya.
  • Tumbuk campuran bahan-bahan tersebut menggunakan garpu atau sendok sampai halus membentuk pasta.
  • Oleskan masker tersebut ke wajah yang sudah dicuci bersih. 
  • Diamkan selama 15-20 menit.
  • Setelah itu bilas wajah hingga bersih. 

Itulah sejumlah cara membuat wajah glowing menggunakan lidah buaya. Cara menggunakan bahan alami ini untuk mencerahkan wajah sangat mudah. Namun utnuk mendapatkan hasil yang maksimal dan cepat, anda perlu menerapkannya secara rutin atau konsisten. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.