Cara Menghilangkan Rasa Cemburu Dalam Hubungan Agar Tak Terjadi Pertengkaran
Ilustrasi cemburu (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ketahui cara menghilangkan rasa cemburu yang berlebihan, baik dari diri sendiri maupun pasangan. Rasa cemburu dalam sebuah relationship bisa jadi hal yang baik namun bisa berdampak buruk dalam sebuah hubungan.

Patut diketahui, cemburu adalah sebuah perasaan yang muncul ketika ada ancaman terhadap hubungan yang sedang dijalaninya. Saat seseorang merasa cemburu ia bisa menampilkan sikap yang berbeda dari biasanya seperti kemarahan, silent treatment, atau perlakuan lain yang cenderung mengekang hingga posesif. Bahkan mudah cemburu bisa jadi salah satu ciri orang posesif.

Cara Menghilangkan Rasa Cemburu

Cemburu memang bisa diartikan sebagai perasaan cinta yang tinggi. Namun jika perasaan itu muncul secara berlebihan, maka bisa berujung pada pengekangan dan pertengkaran. Untuk mengatasi hal tersebut, atasi dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Bangun Rasa Percaya Diri

Salah satu penyebab rasa cemburu adalah kurangnya rasa percaya diri. Perasaan tersebut memancing ketakutan akan kehilangan pasangan. Agar tak merasa cemburu berlebihan, mulailah membangun rasa percaya diri Anda sejak awal. Cara membangunnya adalah dengan menghargai hal-hal baik yang ada pada diri Anda.

  1. Percaya dengan Pasangan

Saling percaya adalah kunci penting dalam membangun sebuah hubungan. Kecemburuan bisa diatasi jika Anda percaya bahwa pasangan tidak akan pergi meninggalkan Anda atau berpindah ke lain hati.

  1. Tanamkan Sugesti Kuat

Mengendalikan pikiran sangat penting untuk dilakukan untuk menghilangkan rasa cemburu. Pikiran bisa membuat rasa cemburu makin besar, namun bisa pula membuat rasa cemburu jadi berkurang. Beri sugesti dalam pikiran Anda bahwa kecemburuan yang Anda alami tidak beralasan.

  1. Mengalihkan Perhatian

Saat Anda merasa cemburu berlebihan, cara mengatasinya adalah dengan mengalihkan perhatian. Pikirkan momen-momen indah yang pernah Anda dan pasangan lalui. Anda juga bisa memikirkan hal-hal lain seperti mengingat pekerjaan, hobi, film, dan sebagainya.

  1. Kontrol Perasaan Anda

Emosi yang muncul akibat perasaan cemburu yang berlebihan cenderung negatif. Bahkan ledakan kemarahan bisa muncul saat kecemburuan melanda. Kecemburuan juga bisa muncul saat Anda terlalu sedih, terlalu senang, atau menaruh harapan terlalu tinggi terhadap pasangan. Oleh karena itu cobalah untuk mengontrol perasaan Anda.

  1. Berpikir dari Sudut Pandang yang Berbeda

Perasaan yang muncul dalam diri kadang dipicu oleh sudut pandang yang tak tepat. Saat Anda mendapati pasangan sedang berjalan dengan orang lain, cobalah untuk berpikir dari sudut pandang lain.

  1. Ceritakan Perasaan Anda kepada Orang Lain

Saat dilanda cemburu berlebihan, cobalah untuk menceritakan perasaan Anda kepada orang terdekat. Biasanya orang lain mampu memberikan nasihat dengan pikiran jernih. Namun Anda tetap disarankan untuk tak terlalu percaya dengan orang lain, apalagi melibatkan pasangan Anda.

  1. Ungkapkan Perasaan Anda kepada Pasangan

Cemburu bisa jadi hal baik asal sesuai porsi. Saat cemburu yang muncul berlebihan, segera ungkapkan perasaan Anda dan lakukan konfirmasi kepada pasangan. Langkah ini sangat dianjurkan agar kecemburuan Anda terjawab karena perasaan tersebut bisa muncul tanpa alasan yang jelas.

  1. Komunikasi yang Baik

Kecemburuan juga bisa muncul saat komunikasi dengan pasangan kurang baik. Bangun komunikasi yang baik agar perasaan negatif dalam hubungan tidak muncul berlebihan. Komunikasi bisa dilakukan baik lewat ponsel atau bertemu secara langsung.

Itulah beberapa cara menghilangkan rasa cemburu. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.