Cara Mengatasi Gigi Berlubang yang Sakit Terus Menerus
Gigi Berlubang (Foto: Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati, rasanya ungkapan tersebut bukan lagi sebuah pilihan. Nyatanya, sakit gigi akibat gigi berlubang juga sangat mengganggu dan menyiksa.

Ya, meskipun sudah sering sikat gigi, gigi berlubang masih sangat mungkin terjadi. Waduh! Sebelum menderitanya, kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi gigi berlubang agar tidak menyebabkan kerusakan fatal pada gigi.

Penyebab Gigi Berlubang

Ada begitu banyak faktor yang dapat menyebabkan gigi berlubang, mulai dari kebiasaan makan yang kurang baik hingga kebersihan mulut yang tidak terjaga, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan kebiasaan menunda gosok gigi.

Namun umumnya, gigi berlubang muncul akibat penumpukan plak sisa makanan yang tidak segera dibersihkan. Plak pada permukaan gigi ini nantinya dapat merusak enamel atau lapisan terluar gigi sehingga lama-kelamaan gigi menjadi berlubang.

Selain itu, kurangnya asupan fluoride juga dapat memicu gigi berlubang. Oleh sebab itu, kamu sangat disarankan untuk rutin mengosok gigi menggunakan pasta yang mengandung fluoride, seperti Pepsodent.

Cara Mengatasi Gigi Berlubang yang Sakit Terus Menerus

Lantas, bagaimana jika gigi sudah terlanjur berlubang? Kamu bisa melakukan beberapa cara mengatasi gigi berlubang berikut agar gigi tidak sakit terus menerus.

1. Tambal Gigi

Cara menghilangkan rasa sakit akibat gigi berlubang yang pertama adalah dengan tambal gigi atau dikenal juga dengan istilah filling. Tindakan ini bisa dilakukan oleh dokter gigi atau tenaga kesehatan profesional lainnya.

Dokter gigi akan membersihkan gigi dari bagian yang rusak menggunakan bor khusus. Lalu dokter akan menambal gigi tersebut dengan bahan khusus, sehingga tidak akan menimbulkan rasa sakit lagi.

2. Penggunaan Fluoride

Cara selanjutnya adalah menggunakan Fluoride. Umumnya penggunaan fluoride akan membantu ketika lubang yang ada pada gigi masih sangat kecil atau memiliki tingkat nyeri yang masih bisa ditoleransi.

Kamu bisa menggosokan fluoride yang berjenis cair, busa, maupun gel atau pernis gigi beberapa menit oleh dokter gigi. Kandungan fluoride ini akan memberikan perawatan ekstra pada gigi dibandingkan hanya menggunakan pasta gigi biasa.

Kamu juga bisa menggunakan pasta gigi mengandung fluoride seperti Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang.

3. Perawatan Saluran Akar

Cara menghilangkan sakit gigi berlubang lainnya dapat dilakukan dengan root canal atau perawatan saluran akar. Perawatan gigi berlubang yang satu ini dilakukan jika gigi sudah mengalami pembusukan yang dalam dan saraf sudah mati.

Dokter akan membuang jaringan saraf di setiap bagian yang sudah mengalami pembusukan. Setelah dibersihkan dokter aman menambal atau memberikan crown agar gigi tidak perlu dicabut.

4. Cabut Gigi

Jika gigi sudah tidak bisa diselamatkan lagi, langkah yang bisa dilakukan adalah cabut gigi. Gigi yang dicabut mampu meningkatkan ruang ataupun kemungkinan gigi yang lainnya bergeser. Untuk itu, umumnya dokter akan menyarankan untuk melakukan gigi implan agar tidak terjadi pergeseran.

5. Kumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam juga merupakan salah satu langkah pertolongan yang bisa kamu ambil untuk meredakan sakit gigi akibat gigi berlubang. Air garam berperan sebagai disinfektan alami yang membantu membasmi kuman dan penyebab infeksi yang ada pada gigi.

Selain itu, berkumur dengan air garam juga bisa melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin masih tersangkut pada sela-sela gigi.

Nah, selain melakukan tindak perawatan dan pengobatan ke dokter gigi, cara mengatasi gigi berlubang yang paling sederhana dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah adalah kumur dengan air garam dan rutin gosok gigi menggunakan pasta berfluoride seperti Pepsodent.