Kutu Air di Tangan Sangat Menganggu, Kenali Penyebab dan Cara Mengobatinya
Ilustrasi infeksi kutu air di tangan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Infeksi jamur kerap kali menyerang tangan dan kaki. Keluhan infeksi biasanya disebabkan oleh kutu air atau disebut sebagai tinea manuum. Infeksi kutu air menyerang lapisan luar pada kulit tangan, seperti telapak tangan, belakang tangan, hingga lipatan kulit di sela antara jari-jari. 

Pada umumnya infeksi kutu air di tangan muncul pertama di bagian telapak tangan dan sela jari. Masalah kulit akibat infeksi ini tidak bisa diabaikan atau disepelekan. Apabila tidak diobati, infeksi kutu air akan menyebar ke bagian yang lainnya, seperti punggung tangan hingga jari. 

Sementara infeksi kutu air yang menjangkiti bagian kaki dikenal dengan istilah kurap kaki. Infeksi ini sering menyerang pada kaki yang basah atau lembap akibat keringat atau pemakaian sepatu yang ketat. Dalam beberapa kondisi, biasanya infeksi kutu air di tangan dan kaki terjadi secara bersamaan. 

Penyebab Infeksi Kutu Air di Tangan

Infeksi kutu air bisa disebabkan oleh lebih dari 40 jenis jamur. Untuk kutu air di tangan biasanya disebabkan oleh jamur yang bersifat mudah menular, seperti Microsporum, Trichophyton, dan Epidermophyton. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang menderita masalah kesehatan infeksi kutu air di tangan. Berikut beberapa kondisi yang membuat orang rentan terkena infeksi kutu air. 

  • Tinggal di tempat yang beriklim panas dan lembap
  • Melakukan sentuhan atau kontak kulit dengan penderita kutu air
  • Menggunakan satu pakaian dengan penderita kutu air, bisa itu baju, handuk, sarung tangan, dan sejenisnya
  • Kerap menyentuh atau memegang hewan peliharaan atau ternak yang berpotensi menyebarkan kutu air
  • Memiliki imun atau sistem kekebalan tubuh yang lemah karena penyakit tertentu

Gejala Kutu Air di Tangan

Infeksi kutu air di bagian tubuh seperti tangan dan kaki biasanya ditandai dengan munculnya ruam kemerahan. Ruam pada kulit tersebut bentuknya bersisik dan mengakibatkan rasa gatal. 

Penderita kutu air di tangan biasanya akan mengalami beberapa gejala yang cukup mengganggu kenyamanan, sebagai berikut:

  • Kulit tangan terasa terbakar
  • Kulit tangan menjadi kering
  • Kulit tangan pecah-pecah
  • Kulit tangan terkelupas
  • Kulit di antara jari berwarna kemerahan

Cara Mengobati Kutu Air di Tangan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani atau mengobati infeksi kutu air di tangan. Pengobatan kutu air bisa dilakukan menggunakan produk obat berbentu salep hingga bahan alami. Berikut beberapa tips menghilangkan kutu air yang mengjangkiti kulit tangan.

Salep Anti Jamur

Pengobatan kutu air yang paling sering dilakukan adalah menggunakan salep atau krim anti jamur. Ada beberapa pilihan krim anti jamur untuk mengobati dan menghilangkan kutu air di tangan, seperti miconazole, clotrimazole, terbinafine, ketoconazole. 

Bawang Putih

Infeksi kutu air juga bisa diobati menggunakan bahan alami berupa bawang putih. Banyak orang meyakini bawang putih memiliki khasiat dapat menghilangkan infeksi jamur. Bawang putih mampu mengobati berbagai penyakit akibat infeksi jamur, seperti jamur Trichophyton penyebab kutu air. 

Bawang putih diketahui memiliki kandungan yang dapat melawar jamur Candida albicans. Namun penggunaan bahan alami bawang putih untuk mengobati infeksi jamur perlu melakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk menghindari efek sampingnya. 

Soda Kue

Pengobatan infeksi jamur kutu air di tangan juga bisa dilakukan menggunakan soda kue. Soda alami mengandung antijamur yang dapat diterapkan pada kulit. Pemakaian soda kue dapat dilakukan dengan mencampurkan 12 cangkir soda kue dengan air hangat. Setelah itu, tangan perlu yang terkena infeksi perlu direndam selama 15-20 menit dan dilakukan dua kali sehari. 

Tea Tree Oil

Bahan alami lain yang bisa digunakan untuk mengobati kutu air di tangan adalah minyak dari pohon teh. Minyak pohon teh bisa dipakai untuk mengatasi kutu air yang menjangkiti kulit tangan. 

Minyak pohon teh memiliki kandungan antibakteri dan antijamur. Minyak ini dapat dipakai untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan pada kulit. Namun sebelum menggunakannya, anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya efek samping. 

Itulah penyebab infeksi kutu air di tangan serta gejala dan cara mengobatinya. Jika tangan atau kaki anda terkena infeksi ini, lebih baik segera diobati atau berkonsultasi dengan dokter. Pengobatan perlu dilakukan segera mungkin agar kutu air tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.