Meskipun Senang Disayang, Ternyata Tak Semua Kucing Suka Dipeluk Pemiliknya
Ilustrasi kucing suka dipeluk (Freepik/kroshka_nastya)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Hewan berbulu seperti kucing dan anjing, mungkin membuat Anda nyaman ketika memeluknya. Tetapi ternyata, enggak semua hewan berbulu nan lucu ini suka dipeluk. Meskipun mereka suka disayang dan dibelai, kenali bahasa tubuhnya ketika kucing tak nyaman saat dipeluk.

Kucing dikenal memiliki kedekatan spesial dengan pemiliknya. Mereka suka menggesek tubuhnya di kaki Anda kalau sedang mencari perhatian. Bagaimana kalau dipeluk erat, dicium, dan digendong? Melansir PetMD, Rabu, 9 November, tidak semua kucing suka dipeluk. Bahkan mereka benci dipeluk diluar keinginan mereka. Terutama ketika Anda memperlakukan kucing dengan cara yang kasar dan menekan kuat ketika memeluknya.

Rata-rata, kucing akan menggeliat, terengah-engah, atau mengeong ketika dipeluk. Kalau mereka merasa sangat terganggu dan tidak nyaman, bisa-bisa mencakar atau menggigit. Artinya, Anda perlu berhati-hati dalam memperlakukan kucing, termasuk cara memberikan kasih sayang.

Cara memberikan kasih sayang pada kucing, perlu disesuaikan dengan karakter kucing yang Anda pelihara di rumah. Beberapa faktor menentukan kucing akan suka atau tidak. Faktor pertama, beberapa kucing suka dipeluk saat mereka masih kanak-kanak. Ketika hewan karnivora domestik ini masih kecil, mereka cenderung lebih menikmati pelukan daripada kucing dewasa apalagi kucing liar yang dibawa ke rumah.

kucing suka dipeluk
Ilustrasi kucing suka dipeluk (Freepik/stockking)

Anda juga perlu mengenal ras kucing yang dianggap ramah. Ras tersebut antara lain, Ragdoll, Scottish Fold, dan Sphynx. Trah ini lebih condong ke karakter yang santai sehingga mereka menyukai pelukan dengan cara tertentu.

Faktor kedua seberapa dekat mereka dengan Anda. Semakin sering berinteraksi dan dekat, maka mereka akan lebih ramah jika dipeluk atau digendong. Tetapi, perhatikan cara memeluknya ya. Jika Anda menangkap anabul seperti raksasa ketika mereka lengah, mereka mungkin akan menolaknya.

Agar tak berontak, Anda bisa mengelusnya terlebih dahulu. Elus bagian kepala dan wajahnya lalu gosok tubuhnya. Dengan begitu, kucing akan membiarkan Anda memeluk dan menggendongnya.

Kucing menyukai kelembutan, kecuali mereka tidak menyukai sesuatu. Anda mungkin akan tahu dengan cepat apakah kucing Anda suka dipeluk dengan mengamati bahasa tubuhnya. Kucing yang menikmati pelukan, akan menyandarkan tubuhnya pada Anda. Kadang, mereka akan mendengkur, atau mengusap kepala pada tubuh Anda, kadang ngiler. Ini menandai rasa nyaman pada kucing ketika dipeluk.

Di sisi lain, kucing yang tidak suka pelukan mencoba melarikan diri, mendorong Anda menjauh, dan memberi Anda sinyal bahwa mereka kesal. Mereka mungkin meletakkan telinganya ke belakang, mengibaskan ekornya, dan bahkan menggeram. Beberapa kucing benar-benar akan "membeku", membuat Anda berpikir bahwa mereka tidak keberatan dipeluk, tetapi jika Anda melihat mereka lebih dekat, mereka mungkin memiliki mata melebar dan ekspresi stres. Kalau kucing memberi respons penolakan, lepaskan mereka dari pelukan.

Cara lain untuk memberikan kasih sayang pada kucing, Anda bisa memberkan belaian pada kepala. Bisa juga dengan menyisir bulunya, atau memberikan camilan favoritnya.