Mimisan karena Kelelahan, Begini Cara Mengatasinya
Ilustrasi mimisan. (Pixabay).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pernahkah Anda mimisan karena kelelahan? Jika iya, Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, mimisan akibat badan terlalu lelah merupakan hal wajar.

Perlu diketahui, bagian dalam hidung ditutupi oleh mukosa, yakni lapisan tipis yang melapisi seluruh bagian dalam dari anatomi hidung. Nah, mukosa memiliki pembuluh-pembuluh darah kecil yang rapuh. Ketika tubuh sedang dalam kondisi lelah, pembuluh darah di hidung menjadi mudah pecah. Jika sudah demikian, secara otomatis, hidung akan mengeluarkan darah. Kondisi ini disebut sebagai mimisan anterior.  

Kasus mimisan anterior sangat mungkin terjadi, mengingat pembuluh darah di bagian depan hidung sangat mudah rusak atau robek, sehingga menyebabkan pendarahan. Darah biasanya berasal dari septum hidung yang merupakan dinding tipis di antara kedua sisi hidung.

Sementara, jenis mimisan yang satu lagi adalah mimisan posterior. Kasus ini lebih jarang terjadi, namun cenderung lebih serius.

Mimisan posterior terjadi di bagian dalam hidung dekat tenggorokan. Dalam kasus mimisan posterior, pendarahan berasal dari arteri yang lebih tinggi dan lebih dalam di hidung, dikutip VOI dari Halodoc.

Darah yang mengalir akibat pembuluh darah yang robek, sangat mungkin turun ke belakang tenggorokan atau keluar lewat lubang hidung.

Penyebab Mimisan

Ilustrasi mimisan
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/pexels)

Sebenarnya, mimisan disebabkan oleh berbagai faktor. Akan tetapi yang paling umum adalah karena udara kering dan kebiasaan mengorek hidung. Selain kedua penyebab tersebut, mimisan juga bisa terjadi akibat kelelahan. Lantas, bagaimana cara mengatasi mimisan karena kelelahan?

Cara Mengatasi Mimisan karena Kelelahan

Saat seseorang kelelahan, pembuluh darah dalam hidung yang lemah, mudah menjadi tegang, lalu akhirnya pecah. Akibatnya, mimisan terjadi.

Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir, sebab, mimisan karena kelahan bukan termasuk gangguan kesehatan yang serius. Anda bisa mengatasinya dengan melakukan perawatan sendiri di rumah.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mimisan:

  • Duduklah dengan posisi yang tegak. Jangan berbaring atau memiringkan kepala ke belakang, karena hal itu bisa membuat darah masuk ke kerongkongan dan berpotensi membuat Anda tersedak atau muntah.
  • Condongkan kepala agak ke depan, sehingga darah bisa keluar dari hidung.
  • Tekan hidung selama 10 menit dan bernapaslah lewat mulut sampai aliran darah melambat dan berhenti.
  • Kompres dingin pangkal hidung. Suhu yang dingin bisa menyempitkan pembuluh darah, sehingga membantu memperlambat pendarahan.

Cara Mencegah Mimisan Karena Kelelahan

Supaya kejadian mimisan karena kelelahan tidak terulang kembali, Anda disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat berikut:

  • Mengistirahatkan tubuh dengan tidur selama 6-8 jam pada waktu malam.
  • Minum air putih minimal 2 liter per hari dan makan pada jam yang teratur.
  • Mengonsumsi makanan yang bergizi serta mengurangi makanan yang diproses atau olahan seperti burger atau makanan kaleng.
  • Mengelola stres dengan baik. Pasalnya, stres bisa menyebabkan kelelahan. Untuk mencegah stres, Anda bisa menrapkan metode relaksasi, seperti yoga untuk menenangkan pikiran.
  • Melakuka olahraga secara teratur, karena aktif bergerak bisa meningkatkan level energi Anda.

Demikianlah informasi seputar mimisan karena kelelahan. Semoga bermanfaat!