6 Kalimat Afirmasi untuk Menjalani Hari dengan Tenang di Tengah Tumpukan Masalah
Ilustrasi (Nick Fewings/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Memulai hari dengan menyebutkan kalimat afirmasi positif kepada diri sendiri bisa membuat hati dan pikiran jauh lebih tenang. Ini dapat dikatakan sebagai kalimat atau "mantra ajaib" yang bermaksud untuk menegaskan serta meyakinkan diri dalam meningkatkan perasaan harga diri, serta memfasilitasi respons positif ketika menghadapi masa-masa sulit. 

Menurut para guru meditasi, instruktur yoga dan ahli psikologi, kalimat afirmasi positif dapat diterapkan oleh semua orang dan dijadikan sebagai energi penyembuh serta mengembalikan keyakinan dan ketenangan hati. Melansir Inspiring Tips, Selasa, 27 September, tak ada salahnya jika Anda mencoba menyebutkan kalimat afirmasi positif berikut ini saat memulai hari dan rasakan perbedaannya.

(Ty Williams/Unsplash)

“Saya perlu memberi tahu orang lain saat saya merasa terganggu dengan sikap mereka”

Mungkin Anda memiliki teman kerja yang tidak pengertian dan suka marah-marah. Mungkin juga cekcok antar anggota keluarga kerap mengganggu ketenangan Anda. Tidak hanya itu, waktu istirahat Anda di rumah sering terganggu dengan ributnya suara musik tetangga. 

Daripada diam dan berharap orang lain memahami Anda, lebih baik bicara dan biarkan mereka tahu apa yang Anda rasakan. Bicara dengan tegas tanpa mengurangi sopan santun. Fokus untuk bersikap relatable sehingga mereka dapat memahami perasaan Anda. Dan semoga kompromi bisa dilakukan agar bisa mengerti satu sama lain.

“Saya mencoba membatasi atau menghilangkan ucapan negatif saya”

Penghakiman, ketakutan, kekhawatiran, dan kemarahan adalah hal yang dapat merenggut kedamaian dan kebahagiaan hidup. Ketika sedang emosi, pikiran dan perilaku juga secara tak sadar ikut berubah negatif. Jika tidak dikendalikan, semua hal tersebut bisa mencuri kemampuan Anda untuk merasa damai dan tenang.

Meski pikiran negatif muncul di benak Anda, cobalah biarkan pikiran itu lewat tanpa mengungkapkannya atau bertindak berdasarkan perasaan saat itu. Ini bisa membantu Anda mempertahankan suasana hati positif dan pola pikir yang mendatangkan kedamaian dan ketenangan.

“Saya mengikhlaskan hubungan yang sudah sepatutnya tidak dipertahankan”

Terkadang hubungan yang tidak sehat dapat mencuri kebahagiaan dan ketenangan hidup. Hubungan toksik ini dapat membuat Anda terjebak dalam keadaan negatif. Yang perlahan merenggut rasa bahagia dan damai Anda. Agar tidak termakan energi negatif, ucapkan kalimat afirmasi “saya mengikhlaskan hubungan yang sudah sepatutnya tidak dipertahankanbaik saat sedang bermasalah dengan teman, pasangan, atau saudara.

“Saya berhak memilih berita yang saya dengar dan baca”

Hal lain yang dapat memengaruhi Anda dari rasa tenang dan bahagia dalam hidup adalah menonton berita atau membaca gossip dari sosial media. Arus berita yang semakin banyak membuat Anda makin sulit memfilter berita. Untuk itu, pastikan memilih berita mana yang harus dan tidak Anda konsumsi. Membatasi penggunaan media sosial juga berdampak pada ketenangan hidup Anda.

(Randy Tarampi/Unsplash)

“Semoga saya sehat dan selalu bahagia”

Utarakan kalimat tersebut untuk mengingatkan sekaligus mendoakan diri sendiri agar senantiasa selalu sehat dan bahagia. Kalimat afirmasi tersebut dapat bekerja dengan baik untuk memberikan diri sendiri ketenangan. Tujuan frasa "bahagia" dan "sehat" mengingatkan Anda kepada diri sendiri bahwa Anda harus merasa sehat dan bahagia, itu adalah hal-hal yang dicita-citakan setiap hari.

"Jangan khawatir, hari ini saya aman. Saya berbaik hati pada diri sendiri dan orang lain. Hari ini, saya bersyukur" 

Kalimat di atas dapat mengembalikan apa yang Anda dapat kendalikan. Kalimat tersebut bisa diucapkan sebagai rasa syukur setiap hari ketika hendak memulai aktivitas. Dan mengulangi hal yang sama esok hari, lusa dan seterusnya.

Jadikan kalimat afirmasi positif di atas sebagai langkah membangun. Dan menjadikan diri lebih baik lagi meski di tengah gempuran badai masalah, ya.