Rekomendasi Penyubur Rambut Alami Lengkap dengan Cara Mengolah dan Cara Pakainya
Ilustrasi perawatan rambut (Averie Woodard/Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat kerontokan terjadi, Anda bisa mencoba penyubur rambut alami. Pemilihan bahan organik sangat direkomendasikan karena faktor efektivitasnya dan risikonya yang minim. Namun, Anda harus tahu cara mengolah dan aturan pakainya agar rambut bisa tumbuh lebih maksimal.

Daftar Penyubur Rambut Alami

Tak semua bahan alami bisa bekerja maksimal menumbuhkan rambut Anda. Berikut ini daftar bahan alami penyubur rambut yang diambil dari berbagai sumber.

1. Kemiri

Tahukah Anda bahwa kemiri mengandung zat asam, lemak, dan vitamin B yang bermanfaat untuk menutrisi rambut? Kandungan tersebut yang membuat banyak vitamin rambut memanfaatkan kemiri sebagai bahan dasarnya.

Cara mengolah kemiri untuk penyubur rambut sangat mudah, cukup ambil minyak kemiri dengan cara membakarnya. Anda juga bisa membeli minyak kemiri yang kini banyak dijual di apotek.

Sedangkan cara pakainya adalah dengan menjadikan minyak kemiri sebagai masker rambut atau sebagai bahan creambath alami.

2. Minyak Kelapa

Rambut semakin ternutrisi setelah Anda menggunakan minyak kelapa sebagai penyubur. Hal itu karena kandungan vitamin E dan K, serta sifat minyak yang antijamur, antimikroba, dan antibakteri.

Cara mengolah minyak kelapa untuk penyubur rambut juga tak perlu dilakukan karena tak membutuhkan olahan lebih lanjut.

Cara pakai minyak kelapa adalah dengan mengoleskannya di area kepala. Pijit halus kepala agar minyak bisa meresap ke rambut dan kulit kepala.

3. Seledri

Tidak hanya digunakan untuk melezatkan makanan, seledri juga bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Hal itu dikarenakan kandungan protein, mineral, kalsium, lemak, zat, besi, vitamin A, B, dan C membantu rambut agar lebih sehat.

Cara mengolah seledri untuk menyehatkan rambut adalah dengan menggiling atau meremas seledri agar sedikit lebih halus.

Cara pakai seledri untuk perawatan rambut adalah dengan melulurkan seledri yang telah halus ke kepala dan rambut. Lakukan pemijatan agar seledri bisa menjangkau kulit kepala.

4. Telur Ayam

Anda bisa menyuburkan rambut dengan bantuan telur ayam. Hal itu dikarenakan kandungan protein dan asam amino esensial pada telur akan membantu merawat rambut dengan baik.

Cara mengolah telur ayam untuk masker rambut juga sangat sederhana, Anda tak perlu mencampurnya dengan tambahan zat lain, cukup pecahkan cangkang telurnya.

Cara pakai telur ayam untuk merawat rambut adalah dengan mengoleskan telur di rambut dan kulit kepala. Anda bisa menggunakan kuas atau tangan. Setelah itu bilas dengan shampo agar bau amis hilang.

5. Madu

Kandungan protein, mineral, asam amino, antioksidan dan berbagai macam vitamin pada madu akan membantu rambut tumbuh sehat alami dan lebih subur.

Cara mengolah madu untuk menyehatkan rambut juga sangat mudah yakni dengan menyaring madu lebih dulu agar bersih dan lebih halus.

Untuk cara pakai madu sebagai hair care, Anda bisa mengolekskannya secara langsung. Jika Anda tak tahan dengan lengketnya, bisa mencampurkannya dengan sedikit air agar lebih encer.

6. Pisang

Tidak hanya dijadikan sebagai menu diet, pisang juga bisa menjadi makanan yang baik untuk rambut karena kandungan nutrisi kalium, vit. C, vit. A, dan vit. E yang sangat baik untuk kesehatan dan kesuburan rambut.

Cara mengolah pisang sangay simpel yakni dengan memblender pisang sampai halus. Anda bisa menambahkan sedikit air agar encer. Anda bisa mengombinasikannya juga dengan minyak kemiri atau seledri.

Cara pakai pisang untuk menyuburkan rambut adalah dengan menggunakannya untuk creambath.

Itulah beberapa penyubur rambut alami yang bisa Anda coba. Untuk mendapatkan informasi menarik lain, kunjungi VOI.ID.