Bertahan karena Kesamaan Visi dan Misi, Armada akan gelar Konser 15 Tahun Berkarya
Armada Band (VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Armada band akan mengadakan konser tunggal bertajuk Konser 15 Tahun Berkarya yang digelar di 15 kota di Indonesia dalam rangka merayakan hari jadi mereka yang ke-15 tahun.

Nama Armada dibentuk pada 2007 oleh lima personel antara lain Rizal (vokal), Radha (gitar), Mai (gitar), Endra (bass), dan Andit (drum). Sebelumnya, band ini bernama Kertas yang didirikan pada 2005.

Saat ini Armada menyisakan Rizal, Mai, dan Andit. Radha memutuskan keluar dari band pada 2018 karena ingin mengikuti panggilan hati untuk mendalami agama, sedangkan Endra hengkang dari Armada pada 2020 setelah diketahui mengidap penyakit meningitis sehingga tidak dapat beraktivitas secara penuh.

Kota pertama yang akan didatangi Armada yaitu Medan yang dijadwalkan pada 8 Oktober mendatang. Selanjutnya konser akan digelar di Banyuwangi, Pasuruan, Jambi, dan Lampung. Sementara konser di 10 kota terakhir akan digelar pada awal tahun 2023 dengan Palembang sebagai kota penutup.

“Akhirnya setelah penantian selama 15 tahun akhirnya kami bisa keliling Indonesia dengan tagline konser tunggal. Selama ini kan kami dalam tanda kutip di-hire orang untuk menjadi pengisi acara, tapi kali ini kami yang menyelenggarakan acara konser tunggal. Kami yang bukan sebagai pengisi acara saja tapi yang punya acara,” kata vokalis Armada Rizal di Jakarta, Rabu, 15 September.

“Kami sangat terharu. Salah satu cita-cita Armada buat konser tunggal bisa tercapai pas hanya di usia 15 tahun. Dulu kami kebayangnya bikin konser tunggal nanti di ulang tahun ke-25 atau ke-30. Nggak nyangka bisa secepat ini. Kami terima kasih banyak kepada teman-teman yang mendukung Armada dari album pertama sampai album terakhir,” kata Mai.

Rizal mengatakan kota-kota yang akan mereka tuju memang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Menyadari Armada merupakan band dari daerah, Rizal mengatakan konser akan melibatkan band lokal di setiap kota yang akan disinggahi. Band lokal berpeluang untuk tampil sebagai pembuka hingga kolaborasi dengan Armada.

VP Content & Project Dev. SRN Entertainment Wahyu NS memastikan bahwa tiket konser akan dijual dengan harga terjangkau sesuai dengan target penonton. Rincian harga tiket akan segera diumumkan. Wahyu mengatakan pihaknya menargetkan kapasitas penonton sekitar 10 ribu orang dengan konsep panggung yang didirikan di lapangan terbuka (outdoor).

Ia berharap tur Konser 15 Tahun Berkarya ini bisa menjadikan motivasi bagi pegiat karya musik tanah air untuk tetap eksis berkarya. Menurutnya, 15 tahun bukanlah waktu yang pendek untuk sebuah band yang melewati naik dan turunnya perjalanan Armada dan telah banyak pendengar yang memiliki memori yang lekat di setiap lagu-lagunya.

“Dengan adanya konser 15 tahun ini, semua pecinta Armada di sini bisa bersenang-senang, bisa juga bernyanyi bersama, dan juga bisa lebih dekat dengan Armada. Dan pastinya memberikan suatu pengalaman yang berbeda dari konser-konser yang sudah ada,” kata Wahyu.

Bukan perjalanan yang mudah untuk bertahan selama 15 tahun bagi sebuah band. Rizal, mengatakan kesamaan visi dan misi menjadi salah satu alasan atau resep mengapa band asal Palembang itu masih tetap eksis dan bertahan selama 15 tahun walaupun saat ini hanya tersisa tiga personel.

“Visi-misinya masih sama, masih terus ingin berkarya masih ingin terus memberikan yang terbaik yang kami punya untuk semua pendengar musik Indonesia,” kata Rizal saat konferensi pers di Jakarta, Rabu.

“Walaupun sekarang bertiga, tapi sama seperti album kami yang kelima judulnya ‘Maju Terus Pantang Mundur’, Insya Allah bisa jalan terus apapun yang terjadi,” imbuhnya.