Racikan Umpan Ikan Patin yang Ampuh, Rahasia Pemancing Strike Berkali-kali!
Ilustrasi memancing ikan patin (Unsplash/@michaldziekonski)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ikan patin merupakan ikan jenis ikan air tawar yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Ikan ini pun menjadi target para pemancing baik di kolam maupun di sungai. Untuk memancing patin, biasanya para pemancing memiliki racikan umpan khusus. Apa saja umpan ikan patin yang jitu?

Umpan menjadi kunci penting dalam memancing ikan. Dengan memakai umpan yang jitu, potensi ikan strike atau mendapat ikan semakin tinggi. Oleh karena itu, pemancing ikan patin harus tahu umpan yang tepat untuk ikan patin. 

Ikan patin nggak hanya doyan diberi umpan cacing. Anda bisa meracik kombinasi berbagai bahan untuk membuat umpan ikan patin yang menarik. Ikan patin akan menyambar umpan-umpan yang menarik dan menggiurkan baginya. 

Cara Memancing Ikan Patin

Ikan patin masih saudara dengan ikan lele. Pertama habitat keduanya sama-sama hidup di air tawar. Kedua ikan ini juga mempunyai kebiasaan dan perilaku yang sama. Selera makan mereka pun hampir sama. Namun ikan patin dikenal lebih galak dan doyan memakan apapun atau omnivora. 

Membuat racikan umpan ikan patin sebenarnya cukup mudah dan nggak ribet. Namun yang perlu anda perhatikan adalah lokasi atau tempat anda memancing ikan patin. Ikan patin yang berbeda lokasi memiliki spesies dan kebiasaan makan yang berbeda. 

Pemancing harus tahu macam-macam racikan umpan ikan patin sesuai dengan spesies atau habitatnya. Sesuaikan racikan umpan dengan tempat di mana anda memancing.

Mengenal Ikan Patin

Sebenarnya, ikan patin masih saudara dengan ikan lele. Jadi, kedua jenis ikan tersebut secara perilaku dan kebiasaan dalam selera makan juga hampir sama.

Yang perlu anda ketahui, ikan patin memiliki perangai agak galak dan memakan apa pun. Sebagai omnivora, semua umpan ikan akan menarik perhatiannya.

Anda harus benar-benar tahu mana umpan yang jitu untuk memancing ikan patin. Ada beberapa racikan umpan yang terbukti cukup efektif sehingga ikan patin mudah terpancing. Berikut rekomendasi racikan umpan ikan patin.

Rekomendasi Racikan Umpan Ikan Patin

Ada beberapa racikan umpan ikan patin yang bisa anda coba. Pilihlah sesuai dengan spesies atau tempatnya.

Anda yang hobi memancing pasti sudah paham apa saja umpan atau bait terbaik untuk beberapa jenis ikan, khususnya patin. Jadi, tidak hanya cacing saja, ada banyak kombinasi bahan menarik untuk membuat umpan ikan patin.

Mengetahui apa yang disukai ikan akan memudahkan Anda untuk mendapatkan strike saat memancing. Jadi, tidak perlu menunggu berjam-jam sampai ada ikan datang dan akhirnya memakan umpannya.

Jika Anda baru pertama kali menggeluti hobi memancing, ada baiknya memahami umpan dengan baik. Apalagi saat memancing patin, sehingga hobi ini semakin seru dan umpan terus disambar, simak ulasannya di bawah ini.

Umpan Ikan Patin Liar

Ikan patin ada yang hidup di kolam dan di perairan liar. Memancing ikan patin di perairan liar tentu saja harus menggunakan umpan yang berbeda dengan ikan patin di tambak.

Untuk memancing ikan patin liar, anda bisa menggunakan umpan dari hewan seperti cacing, udang, dan jangkrik. Selain itu, bahan-bahan lain yang bisa anda pake untuk umpan yaitu pelet, mie instan, atau roti gandum. Umpan-umpan ini terbukti cukup ampuh mejerat ikan patin.

Umpan Ikan Patin Kolam

Ikan patin yang berada di kolam perlu dipancing dengan racikan umpan yang berbeda dari patin liar. Racukan bahan yang bisa anda gunakan untuk umpan ikan patin yaitu roti tawar gandum, essen seafood, belut, dan melon. 

Cara meraciknya cukup mudah. Pertama rebus belut hingga matang. Lalu ambil dagingnya dan aduk dengan roti hingga merata. Kemudian campurkan essen seafood dan melon sebagai aroma pemikat patin. Aduk semuanya hingga rata. Jika sudah, cobalah umpan tersebut dan dijamin patin akan mudah terpancing.

Umpan Ikan Patin Kolam Keruh

Ada juga patin yang hidup di kolam keruh. Umpan yang berbeda diperlukan untuk memancing patin di kolam keruh. Bahan racikan yang perlu anda siapkan yaitu roti, pelet PF 1000 secukupnya, sesendok terasi udang, dua sendok madu, dan dua kuning telur bebek. 

Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dalam satu wadah. Lalu tambahn dengan air panas secara bertahap. Aduk semua bahannya hingga kental. 

Umpan Ikan Patin di Sungai Deras

Jika anda memacing ikan patin di sungai deras, anda harus menyiapkan umpan yang berbeda. Anda perlu membuat racikan umpan khusus dengan menyiapkan bahan berupa 3 sachet susu dancow putih, 6 kinoy, 2 sendok tepung aci, 5 butih kuning telur bebek, 1 ons kroto dan air secukupnya. 

Yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah mencapurkan dan aduk susu, tepung aci, dan kinoy hingga rata dan kental. Setelah itu, campurkan kning telur bebek dan kroto. Lalu biarkan adonan kira-kira selama satu jam. 

Itulah beberapa rekomendasi racikan umpan ikan patin untuk anda yang hobi lempar kail. Jangan lupa sesuaikan patin pancingan anda jenis umpannya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.