Jangan Asal Pakai, Ini Tips Penggunaan Body Lotion yang Benar Menurut Dermatolog
Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Memiliki kulit tubuh yang lembab, kenyal, dan sehat merupakan impian banyak orang. Namun, untuk menghasilkan kulit dengan kondisi yang diinginkan tersebut Anda perlu melakukan perawatan tubuh yang benar. Salah satunya adalah dengan menggunakan body lotion.

Pemakaian body lotion pun harus dilakukan dengan cara yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ya, mengoleskan body lotion dengan tipe yang sesuai dengan jenis kulit Anda rupanya bisa membantu Anda mendapatkan manfaat yang diinginkan. 

Shereene Idriss, MD, seorang dermatolog, melansir laman Byrdie, Jumat, 2 September, secara umum produk-produk perawatan tubuh seperti body lotion telah berinovasi dalam penggunaan bahan aktif. Dimana kandungan bahan aktif produk tersebut diciptakan untuk mengatasi masalah tertentu. Seperti garis halus dan kerutan, jerawat tubuh, dan bahkan kondisi seperti eksim dan keratosis pilaris.

Untuk itu, hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat tepat dari body lotion adalah dengan mempertimbangkan jenis kulit. Khususnya mengetahui seberapa banyak kelembapan yang dibutuhkan kulit. Jika kulit Anda sangat kering, pilihlah body lotion dengan formula berbasis minyak yang lebih pekat dengan konsentrasi emolien dan bahan oklusif lebih tinggi. Sedangkan bagi pemilik kulit normal cenderung kering, Anda mungkin bisa memilih opsi body lotion berbasis air yang lebih ringan.

Untuk membedakan body lotion bagi pemilik kulit kering dan normal, Anda bisa melihatnya melalui wadah kemasan. Lotion berbahan dasar air biasanya disimpan dalam botol dengan pompa. Sedangkan untuk lotion dengan formula lebih tebal untuk kulit kering diletakkan dalam jar.

Hal kedua dalam penggunaan body lotion yang benar yaitu dengan melihat masalah kulit yang dialami. Body lotion dengan kandungan oatmeal koloid merupakan pilihan yang sangat baik bagi Anda dengan kulit sensitif. Sedangkan untuk Anda yang memiliki masalah dengan jerawat punggung, gunakan lotion berbahan niacinamide. Yang bantu jaga lapisan lipid pada kulit dan bersifat anti-inflamasi.

Terakhir, penggunaan body lotion di waktu yang tepat juga sangat penting. Idriss menyarankan untuk gunakan lotion sesaat setelah mandi. Fungsinya untuk mengunci kelembapan alami kulit sehingga membuatnya tetap halus dan terhidrasi.

Anda hanya perlu keringkan kulit dengan handuk hingga setengah lembab lalu oleskan losion dalam jumlah banyak ke seluruh tubuh. Dan gosok dengan tangan Anda sampai benar-benar terserap. Anda juga dapat menggunakan alat, seperti spatula untuk membantu menjangkau titik-titik sulit seperti area punggung.