Selain Punya Rasa Lezat, Ini Manfaat Kembang Turi untuk Kesehatan
Ilustrasi (Ped Photo36pm/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Turi merupakan pohon kecil anggota suku Fabaceae. Tumbuhan dengan banyak kegunaan ini asalnya diduga dari Asia Selatan dan Asia Tenggara, tetapi sekarang telah tersebar ke berbagai daerah tropis dunia.

Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Sesbania grandiflora ini biasa diolah untuk dimasak. Namun siapa sangka, selain dapat dimakan dan memiliki rasa yang lezat, kembang turi juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat kembang turi yang wajib Anda ketahui.

Menurunkan Tekanan Darah

Kembang turi memiliki kandungan vitamin C tinggi. Sehingga rutin konsumsi kembang turi dipercaya mampu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Jadi, jika Anda ingin mengontrol tekanan darah, Anda bisa makan kembang turi sebagai lalapan yang dicocol dengnan bumbu kacang.

Menjaga radikal bebas

Kembang turi mengandung antioksidan kuat yang menjaga membran sel dari oksidasi radikal bebas, melawan radikal hidroksil bebas, dan mencegah kerusakan DNA. Bukti telah mengungkapkan bahwa kembang turi juga dapat meningkatkan kadar seng, selenium, dan magnesium dalam darah dan mengurangi senyawa berbahaya seperti glutathione reduktase, glutathione S transferase. 

Efek antimikroba

Kaya kandungan sistein dan sistin, bunga turi terbukti memberik efek antimikroba dan antioksidan yang terkikis perlahan dari tubuh akibat radikal bebas. Selain itu, kembang turi juga memiliki efek antimikroba yang kuat terhadap E. coli, Staphylococcus aureus, dan akarnya memiliki efek anti-tuberkulosis terhadap Mycobacterium tuberculosis.

Mencegah kanker

Kembang turi bersifat antioksidan kuat yang dapat mencegah peroksidasi lipid dan menghambat pertumbuhan sel tumor. Kembang ini juga diketahui memiliki efek apoptosis terhadap sel kanker paru-paru dan juga mencegah serta mengobati kanker usus besar.

Memperkuat tulang

Sejumlah besar kalsium, zat besi dan vitamin dalam kembang turi sangat baik dalam memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis dan radang sendi pada orang tua. Kembang turi juga bagus dalam mencegah tulang rapuh, meningkatkan kepadatan mineral tulang, dan mendukung kesehatan tulang.