4 Tips Menghilangkan Bekas Selotip di Berbagai Permukaan
Ilustrasi (Ketut Subiyanto/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Selotip jadi salah satu alternatif yang dipilih orang untuk merekatkan benda selain lem tradisional. Anda hanya perlu mengambil salah satu sisi selotip untuk ditarik lalu direkatkan ke macam-macam permukaan. Sama seperti perekat jenis lainnya, jika selotip dibiarkan rekat terlalu lama di suatu permukaan, maka akan meninggalkan noda lengket yang cukup mengganggu.

Dikutip dari The Spruce, Senin, 29 Agustus, jika selotip yang baru dilepas meninggalkan residu, Anda harus segera membersihkannya agar residu tersebut tidak mengganggu penampilan barang yang direkat sebelumnya. Nah, bagaimana cara membersihkannya? Simak selengkapnya.

Kain yang bisa dicuci

Jika selotip meninggalkan bekas pada kain, Anda perlu panaskan sedikit cuka putih ke dalam microwave sampai hangat. Celupkan spons ke dalam cuka hangat dan peras di atas area yang lengket sampai kainnya basah. Residu selotip akan mulai mengendur dan menggulung sehingga Anda dapat mengangkatnya dengan pisau tumpul atau ujung spatula.

Setelah itu rawat kembali kain dengan noda selotip dengan taburkan setetes deterjen dan diamkan selama sekitar 10 menit, lalu cuci seperti biasa. Periksa area yang lengket sebelum dimasukkan ke mesin pengering. Ulangi langkah-langkah tersebut jika perlu. Jangan keringkan pakaian jika noda masih tertinggal.

Kaca

Bekas selotip di kaca bisa Anda hilangkan dengan minyak sayur atau mentega. Lalu, tutup residu dengan bungkus plastik dan biarkan sekitar 30 menit. Gunakan pisau tumpul atau pengikis plastik untuk menghilangkan stiker dan residu. Bersihkan kaca dengan pembersih kaca.

Cara lain dengan menggunakan beberapa tetes isopropil. Tuangkan beberapa tetes alkohol pada kapas atau tisu agar stiker terkelupas. Setelah itu, tunggu setidaknya 10 menit dan gunakan pengikis plastik untuk menghilangkan perekatnya. Setelah residu hilang, gunakan alkohol dan kain mikrofiber untuk meninggalkan kilau bebas goresan.

Logam

Basahi residu perekat dengan minyak sayur. Tutup dengan bungkus plastik dan biarkan meresap selama 30 menit. Gunakan pengikis plastik dan kain bekas untuk menyeka residu. Cuci area dengan air sabun hangat untuk menghilangkan minyak dan keringkan dengan kain lembut. Bisa juga dengan menggunakan pengering rambut, lalu atur ke suhu sedang untuk memanaskan residu. Perekat akan melunak dan dapat dihapus dengan mudah.

Permukaan yang dicat

Untuk permukaan yang dicat, Anda juga bisa gunakan alat pengering rambut seperti cara menghilangkan sisa selotip pada logam. Untuk cara kedua, kamu bisa menggunakan air sabun hangat. Siapkan semangkuk kecil air hangat. Lalu tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring. Aduk hingga merata dan celupkan kain lap ke dalam mangkuk. Peras hingga lembap dan tutupi area selama sekitar 30 detik. Lalu, gosok residu selotip hingga bersih. Terakhir, gunakan penghapus karet. Penghapus akan mengendurkan bekas selotip kemudian seka residu dengan kain mikrofiber basah.