Karina Salim Hargai Kemerdekaan Anak Berpendapat Sejak Dini
Karina Salim (Foto: IG @karinasalim)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagai orangtua, Karina Salim menerapkan keterbukaan dalam mengasuk anak. Dia tak mau memaksakan pendapat kepada anak dan menghargai pemikiran anak.

"Kalau nilai kemerdekaannya sih aku di zaman sekarang, parenting zaman sekarang, mencoba mendengarkan pendapat anak supaya mereka merdeka berpendapat," ungkap Karina dikutip dari ANTARA, Selasa, 16 Agustus.

Menurut Karina, di era sekarang ini penting untuk menanamkan pola asuh komunikasi dua arah kepada anak. Dengan demikian, anak-anak dapat berlatih untuk mengambil keputusannya sendiri namun tetap berada di jalur yang tepat.

"Kalau zaman dulu, orang tua itu kan cara parentingnya satu arah ya. Harus nurut, harus ngikutin yang kita mau. Tapi nggak mendengar dari sisi mereka (anak). Jadi pengennya sih parenting yang dua arah supaya mereka merdeka berpendapat dengan keputusannya sendiri asal tetap kita tuntun supaya di jalur yang tepat," kata Karina.

Untuk merayakan kemerdekaan Indonesia, Karina juga turut mengikut sertakan sang anak dalam perlombaan-perlombaan yang diselenggarakan baik di sekolah atau di lingkungan rumahnya.

"Mengenalkan tentang 17-an juga sih. Aku selalu ngikutin anak aku kegiatannya juga. Kalau nggak yang dekat rumah aku ada organisasi yang suka punya acara-acara 17-an. Jadi selalu ngikutin supaya anakku yang masih balita juga lebih aware apa sih 17 Agustus itu," tutup Karina.