Jangan Asal Pilih, Kenali Ciri Telur Ayam yang Baik Sebelum Membeli
Ilustrasi (Monserrat SoldĂș /Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Di masa pandemi virus corona baru (COVID-19) seperti saat ini penting untuk memastikan makanan yang kita konsumsi aman dan sehat agar tubuh mendapatkan manfaat maksimal. Khusus untuk telur, ada beberapa cara mengenali ciri telur yang sehat dikonsumsi.

Menurut Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan (BPMSPH), telur yang sehat memiliki sejumlah ciri di antaranya warna cangkang kulit telur sesuai jenis unggasnya. Untuk telur bebek berwarna biru dengan bobot 55-65 gram. Telur ayam lokal atau buras berwarna putih kecoklatan berbobot 40-50 gram.

Telur ayam arab berwarna putih seberat 45-55 gram. Telur ayam ras berwarna coklat seberat 50-60 gram. Telur ayam bibit kurang dari 50 gram. Telur sehat memiliki permukaan cangkang yang halus, mengilap, tidak retak dan tidak ada kotoran ayam, noda hitam maupun pengapuran.

Ciri telur yang baik juga bisa diamati menggunakan larutan garam. Telur yang baik akan tenggelam dalam larutan garam 10 persen sementara telur yang jelek akan mengapung karena banyak terdapat kantung udara. Banyaknya kantung udara pada telur mengindikasikan bahwa telur sudah berusia lama.

Saat dipecahkan, telur ayam yang baru dan masih sehat dikonsumsi akan memiliki batas tebal antara putih telur dan kuning telur yang jelas. Bentuk kuning telur tepat di posisi tengah putih telur dan bentuknya bulat. Sementara telur ayam yang sudah lama sudah tidak begitu memiliki batas tebal antara putih telur dan kuning telur. Ada bercak darah atau benda asing di putih telur. Bentuk kuning telur di posisi pinggir putih telur dan bentuknya tidak lagi bulat.