Sepertiga Orang Dewasa di Inggris Canggung Bicara soal Seks, Bahkan dengan Pasangannya
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Bicara soal seks bisa terasa canggung. Bahkan ketika itu dengan pasangan Anda. Dalam sebuah survei terhadap 2.000 orang dewasa yang aktif secara seksual, sepertiga dari peserta mengaku kesulitan untuk membahas keintiman dengan pasangan mereka.

Sejumlah pasangan menunggu rata-rata lima bulan dari awal hubungan sebelum secara aktif mendiskusikan seks, seperti keinginan atau ketidaknyamanan.

Dan seperlimanya mengatakan bahwa mereka sama sekali tidak akan membahas topik seks selama menjalin hubungan.

Survei, yang dilakukan oleh Durex, juga menemukan bahwa hampir setengah dari orang dewasa sering mengalami ketidaknyamanan fisik saat berhubungan seks akibat kekeringan organ intim wanita. 

Namun, lebih dari sepertiganya tidak akan membicarakan hal tersebut meskipun organ intim yang kering adalah hal yang normal.

"Untuk wanita, yang bisa mengalami kekeringan alami hingga dua pertiga bulan, itu mungkin harus menggunakan pelumas," Lindsay Forbes, dari Durex, berkata seperti dilansir dari Daily Star, Rabu, 11 November. 

“Memang, sembilan dari 10 wanita mengatakan seks terasa lebih baik dengan menggunakan pelumas. Namun itu tetap distigmatisasi secara tidak proporsional - sebagian, karena kita merasa tidak nyaman bahkan berbicara tentang masalah, apalagi melakukan sesuatu tentang itu."

Jajak pendapat tersebut juga menunjukkan bahwa orang dewasa sangat ingin mengatasi masalah kekeringan organ intim sehingga 27 persen mengatasinya sendiri. Dan dengan setengah dari mereka yang disurvei menganggap seks sebagai topik 'tabu', hal itu membuat orang dewasa merasa canggung, malu dan sama sekali menghindari topik tersebut.

Jika mereka merasa bisa mendiskusikan topik seks lebih terbuka, 34 persen memilih untuk berbicara dengan teman. Sementara itu, 20 persen memutuskan untuk mendiskusikan pengalaman ketidaknyamanan seksual dengan ibunya.

Hampir seperempat dari mereka yang disurvei merasa tidak nyaman untuk berbicara secara terbuka tentang seks karena mereka tidak ingin membuat orang lain kesal. Sementara 15 persen tidak tahu bagaimana menangani masalah tersebut.

Tapi, bukan hanya seks yang orang-orang sulit bahas, karena masturbasi (27 persen), menggunakan mainan seks (17 persen) atau mendiskusikan pornografi (14 persen) juga dianggap sebagai hal yang tabu.

Juga muncul 61 persen dari mereka yang disurvei melalui OnePoll telah menggunakan pelumas saat melakukan aktivitas seksual. Namun, 15 persen menganggap ini sebagai sesuatu yang digunakan untuk mendapatkan petualangan, sebagai lawan untuk membantu kekeringan organ intim.