Manfaat Hobi Memancing untuk Kesehatan Mental, Sudah Tahu?
Ilustrasi manfaat hobi memancing (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak menghabiskan waktu di alam, terbukti dapat meningkatkan kesejahteraan emosional. Selain itu beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa agar lebih sehat mental, perlu menghirup udara segar untuk sejenak waktu beristirahat dari aktivitas pekerjaan.

Melansir National Alliance of Mental Illness, Kenneth Reaves sebagai nelayan profesional selama lebih dari dua dekade telah mendapatkan sejumlah manfaat dari memancing yang berkaitan dengan kesehatan mentalnya di masa lalu. Selain juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik, punya hobi memancing juga memberikan ruang yang tenang untuk refleksi, mengajarkan ketahanan, dan membangun komunitas.

Ditambah lagi, Reaves menemukan harga diri ketika mengatasi tangkapan yang menantang dan dukungan dari bertemu dengan nelayan yang berpikiran sama. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet Psychiatry Vol. 5 bulan September 2018, menunjukkan bahwa aktivitas fisik dan peningkatan kesehatan fisik, memiliki dampak positif secara langsung pada suasana hati dan kesejahteraan umum.

manfaat hobi memancing, kesehatan mental
Ilustrasi manfaat hobi memancing (iStockphoto)

Anda mungkin pernah mendengar manfaat dari berkemah, traveling, dan penggemar olahraga. Mereka mengelola tantangan kesehatan mental melalui aktivitas yang mereka sukai. Dan memancing memberikan hasil yang sama. Alih-alih menghabiskan waktu dengan rebahan dan di depan layar seharian, lebih baik beraktivitas fisik sesuai yang Anda senangi.

Memancing, bisa dianggap sebagai aktivitas meditatif. Dimana dapat mengatur napas, fokus, dan membaca situasi sekitar, air tentu saja, untuk memusatkan pikiran.

Berdasarkan pengalamannya, Reaves mengatakan bahwa memancing bisa menjadi cara untuk merawat diri dan memerangi rasa cemas. Apalagi ketika rutinitas yang stagnan setiap hari. Maka memancing secara konsisten atau membuatnya sebagai salah satu daftar self-care, bisa berkemungkinan menjadi cara untuk mental lebih sehat.

Aspek lain yang diperoleh ketika menjalani hobi, salah satunya memancing, ialah citra diri lebih positif dan kepercayaan diri yang baik. Keterampilan juga akan bertambah seiring berjalannya waktu. Terutama ketika Anda menantang diri untuk melakukan hobi secara serius. Tak hanya bermanfaat secara mental, tetapi menjalani hobi juga membangun komunitas yang memperkuat jejaring sosial.

Apakah Anda memiliki hobi ini juga yang kerap dilakukan pada akhir pekan atau musim liburan? Jika ya, artinya Anda berkesempatan mendapatkan banyak manfaat dari hobi Anda.