Tips Mengatasi Rasa Canggung saat Bersosialisasi dan Komunikasi dengan Orang Lain
Ilustrasi makan malam (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Ada ruang privasi yang dimiliki oleh setiap orang. Ruang privasi ini secara sosial menciptakan jarak antara diri Anda dengan lingkungan sekitar. Bukan hal yang buruk, melalui ruang pribadi, Anda dapat mengetahui dan menyaksikan seperti apa pola lingkungan Anda.

Saat seseorang berusaha masuk ke ruang pribadi atau Anda mencoba keluar dan ingin berkenalan, pasti ada rasa aneh yang menjalar. Orang yang tidak biasa secara sosial tentu ingin berinteraksi dengan yang lainnya tanpa terlalu banyak berpikir. Maka itu, ketahui tips apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanggungan sosial.

momen hadapi

Saat Anda dihadapkan dengan momen canggung ketika berinteraksi, coba hadapi momen tersebut dengan santai. Semakin Anda grogi, maka keadaan sekitar semakin terasa aneh bagi Anda. Selain itu, mungkin ada banyak mata yang memandang Anda dengan cinta yang tak bersahabat. Untuk itu, tetap tenang saat dihadapkan dengan situasi canggung, ya.

Putuskan cara menanggapi

Ada dua cara menanggapi kecanggungan sosial. Pertama adalah dengan seolah-olah itu tidak pernah terjadi. Kedua dengan menertawakan diri sendiri. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang sedikit mengolok-olok diri sendiri umumnya lebih tangguh. Dan dalam situasi yang tidak nyaman, menertawakan diri sendiri seringkali dapat mengembalikan kenyamanan relatif yang ada sebelumnya.

Berlatih komunikasi

Semua orang pasti ingin bersosialisasi dengan seru. Untuk mengatasi kecanggungan sosial, jangan lupa untuk belajar masuk ke dalam dialog. Terlibat ke dalam pembicaraan dapat mengasah komunikasi interpersonal. Bahkan, Anda akan lebih percaya diri ketika berada di lingkungan baru.

Jika Anda merasa menjadi orang yang canggung dalam bersosialisasi, cobalah terima kenyataan diri sendiri seapa adanya. Anda adalah manusia, dan manusia tak harus sempurna, bukan?

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.