4 Alasan Mengapa Menjadi Orang Tua Kadang Terasa Melelahkan? Ternyata Itulah Konsekuensinya
Ilustrasi orang tua bermain dengan bayi (Sergey Makashin/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Banyak orang menilai bahwa terasa sangat menyenangkan ketika menjadi orang tua dan mempunyai anak. Namun faktanya disamping itu, menjadi orang tua harus menjalani konsekuensi menjaga serta mendidik anak yang membuat kelelahan bagi orang tua.

Christine Skoutelas, yang menulis tentang parenting dalam artikelnya di  Your Tango,  menuturkan setidaknya ada beberapa hal mengapa menjadi orang tua itu lebih melelahkan dari yang sebelumnya. 

Tak pernah tidur nyenyak

Saat si kecil masih bayi, porsi tidur orang tua akan lebih sedikit dari sebelumnya. Mereka akan terjaga setiap dua hingga tiga jam ketika si kecil menangis untuk menidurkannya kembali. Fase ini masih akan berlanjut ketika anak bertambah umurnya, hanya saja dengan masalah yang berbeda. Misalnya saja, balita akan membangunkan Anda karena mengompol di tengah malam.

Apakah itu sudah selesai ketika anak menginjak remaja? Tak sepenuhnya berakhir, karena Anda masih akan memikirkan apakah si kecil yang beranjak remaja akan pergi bersama teman-temannya. Lalu, saat mereka menjadi mahasiswa, Anda bertanya-tanya apakah mereka baik-baik saja dengan kehidupannya.

Tak ada hari libur

Saat bekerja dan merasa lelah atau tak enak badan, biasanya Anda akan mengambil cuti atau hari libur untuk beristirahat. Namun bagaimana ketika Anda menjadi orang tua dan harus mengasuh anak? Jawabannya tak akan ada hari libur untuk itu. Makanan masih perlu disajikan, cucian masih harus dibersihkan, anak-anak pun harus mendapatkan limpahan cinta setiap saat.

Otak kelebihan beban

Ada banyak obrolan yang tak pernah berakhir. Ada begitu banyak pertanyaan yang harus dijawab atau dijelaskan ketika si kecil menunjuk sesuatu sambil bertanya, 'Apa ini?', 'Kenapa seperti itu,' atau 'Kok bisa?'. Masih ada juga rengekan si kecil meminta atau malah memprotes sesuatu yang mereka tak sukai. Semua ini merupakan fakta bahwa setiap detik menjadi orang tua penuh dengan pertanyaan-pertanyaan yang tak ada habisnya dan juga respon untuk menjawabnya.

Begitu banyak hal yang perlu dibersihkan

Tentu saja setiap orang perlu membersihkan rumah mereka, tetapi orang tua tetap punya porsi lebih banyak untuk urusan menjaga rumah tetap bersih dan rapi. Membungkuk, menyingkirkan, merapikan, menyeka, mengambil mainan, berulang-ulang kali. Ketika anak-anak bertambah besar, barang-barang mereka pun bertambah banyak pula. Itu artinya akan lebih banyak hal yang dibersihkan pula.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.