Pentingnya Pemenuhan Kebutuhan Asam Amino di Masa Tumbuh Kembang Anak
Ilustrasi (Anny Paterson/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Proses tumbuh kembang anak pada 1.000 hari pertama kehidupan merupakan masa emas yang tidak bisa diulang. Oleh karena itu dibutuhkan perhatian khusus dari orang tua terutama dalam penyediaan asupan gizi yang optimal. Sayangnya berdasarkan hasil riset The South East Asian Nutrition Surveys (SEANUTS) menunjukkan angka malnutrisi di Indonesia masih cukup tinggi. 

Data ini juga diperkuat oleh Riskesdas 2018, dimana sebanyak 2 provinsi mempunyai prevalensi stunting di atas 40 persen, yang tergolong sangat tinggi; 18 provinsi mempunyai prevalensi stunting antara 30-40 persen yang tergolong tinggi. Hal ini didasari karena kualitas asupan gizi yang masih kurang maksimal dimana kebanyakan anak usia pertumbuhan di Indonesia memiliki asupan proporsi protein hewani yang lebih rendah, yakni sejumlah 30 persen dibandingkan protein nabati yang dibutuhkan sejumlah 70 persen. 

Padahal, agar anak dapat berkembang dengan maksimal, harus mendapatkan asupan gizi yang seimbang. Salah satu kandungan penting dan kaya manfaat yang seringkali luput dari perhatian adalah 9 Asam Amino Essensial (AAE). 

Asam Amino selama ini dianggap sebagai pembentuk blocks of life, berperan sangat penting dalam perkembangan holistik anak usia pertumbuhan - mulai dari mendukung tulang dan gigi yang kuat, sampai dengan mendukung kesiapan mereka belajar. Menurut studi yang dilakukan oleh National Center for Biotechnology Information, kekurangan satu jenis 9AAE dapat menurunkan kinerja hormon pertumbuhan (IGF-1) sebesar -34 persen dan sampai dengan -50 persen apabila keseluruhan 9AAE tidak terpenuhi. Hal ini berarti bahwa kekurangan 9AAE sangat berpengaruh pada pertumbuhan anak.

Yang perlu diperhatikan orang tua adalah kandungan 9AAE ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus dipenuhi dari sumber protein hewani seperti daging, ikan, ayam, telur atau susu. Oleh karena itu penting untuk memberikan makanan kaya protein hewani pada anak-anak di masa pertumbuhan. Salah satunya dengan menambahkan susu yang sarat gizi dan asam amino pada konsumsi harian anak.

Fakta tersebut terungkap dalam acara webinar peluncuran Frisian Flag PRIMAGRO 1+ dan 3+ yang hadir dengan kandungan 9 Asam Amino Esensial (AAE) lengkap, Omega 3, Omega 6, Minyak Ikan, dan Iron, serta lebih dari 14 vitamin dan 9 mineral serta diformulasikan khusus dengan mempertimbangkan nutrisi lengkap yang dibutuhkan anak utamanya pada 1.000 hari pertama kehidupan.