Selain Mudah Lelah dan Tidur Mendengkur, Kenali 5 Tanda Tubuh Sedang Tidak Sehat
Ilustrasi tanda tubuh sedang tidak sehat (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kadang ketika kondisi tubuh ngedrop, tandanya tidak disadari. Pada saat tersebut, Anda perlu mengenali apa penyebabnya. Tetapi ketika tak menyadari apa yang terjadi pada tubuh, maka cobalah mengenali tanda-tandanya dari beberapa perubahan tubuh seperti berikut ini.

1. Perut terasa penuh

Meski makan sudah berjarak beberapa jam lalu, bukan tak mungkin ketika badan tak sehat merasa perut terasa penuh. Perut kembung dan terasa penuh bisa disebabkan refluks asam lambung, makan berlebihan, hingga sembelit. Penyebab yang lebih serius, antara lain infeksi, peradangan, dan pengaruh minum beberapa obat harian.

2. Tidur mendengkur

Mendengkur terjadi ketika udara tidak bisa bergerak bebas melalui mulut dan hidung saat Anda tidur. Ini bisa disebabkan oleh kelenjar gondok, polip hidung, atau bahkan hanya karena hidung tersumbat. Menurut Albert Wu, MD., direktur Pusat Layanan Kesehatan dan Penelitian Hasil di Sekolah Kesehatan Masyarakat John Hopkins Bloomberg, dilansir The Health, Rabu, 8 Juni, mendengkur juga bisa tanda mengalami apnea tidur obstruktif.

Ini terjadi saat saluran napas bagia atas tersumbat saat tertidur. Sehingga menyebabkan berhenti bernapas selama beberapa detik. Apnea bisa menyebabkan seseorang sulit berkonsentrasi, tekanan darah tinggi, dan gangguan jantung.

tanda tubuh sedang tidak sehat
Ilustrasi tanda tubuh sedang tidak sehat (iStockphoto)

3. Selalu merasa lelah

Tak bersemangat seharian bisa menjadi respons normal terhadap kondisi kurang tidur, terlalu banyak aktivitas fisik, stres, atau bahkan karena bosan. Tetapi kelelahan juga bisa menjadi pertanda adanya masalah pada kesehatan. Menurut penjelasan dokter Wu, pertanda ini muncul bisa disebabkan beberapa hal, antara lain anemia, penyakit ginjal kronis, penyakit hati, gangguan tiroid, dan kondisi rematik.

4. Tak bisa tidur

Sulit tidur meskipun lelah, tak bisa diabaikan begitu saja. Pasalnya, insomnia kronis adalah masalah umum yang memicu hal buruk pada kehidupan sehari-hari. Selain disebabkan kondisi mental, Terang Wu, ini bisa jadi tanda dari beberapa kondisi medis seperti tiroid terlalu aktif, GERD, penyakit jantung, Parkinson, dan Alzheimer.

5. Otot kram

Otot kram dialami sejumlah orang terutama setelah latihan berat. Tetapi sebuah tinjauan studi yang diterbitkan tahun 2018 di Journal of Electromyigraphy and Kinesiology, menunjukkan bahwa kram otot terkait dengan olahraga membutuhkan perawatan medis. Beberapa kondisi lain yang memicu kram otot, antara lain dehidrasi, kadar elektrolit rendah, memiliki gangguan saraf, dan hipotiroidisme.

Itulah tanda yang kerap diabaikan dan berhubungan dengan kesehatan tubuh Anda. Jika mengalami perubahan pada tubuh, atau tubuh terasa tak nyaman, Anda bisa melakukan medical check-up agar mengetahui penyebab dan cara mengatasinya secara tepat.