Mudah, Begini Cara Melakukan Perawatan Kaki di Rumah agar Tampak Cantik
Ilustrasi (Thought Catalog/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Mengabaikan kesehatan kaki dapat menimbulkan berbagai hal menganggu seperti bau tidak sedap, jamur, pecah-pecah, infeksi bakteri dan berbagai hal lainnya. Untuk menghindari hal tersebut Anda bisa melakukan beberapa hal berikut untuk merawat kaki secara mudah dan dapat Anda lakukan secara mandiri di rumah, melansir Verry Well Health, Selasa, 7 Juni.

Rajin gunting kuku

Menggunting kuku secara teratur dapat membuat jari-jari kaki Anda terlihat indah dan menghindari menumpuknya kotoran pada kuku yang dapat menimbulkan bau tidak sedap. Gunakan penjepit kuku dari bahan stainless steel untuk memotong kuku kaki. Guna mencegah potongan yang terlalu pendek, potong kuku kaki secara lurus terlebih dahulu, kemudian bulatkan bagian sudut menggunakan emory board.

Merendam dan menggosok kaki

Merendam kaki selama 15 hingga 20 menit dapat memberi sensasi tenang dan nyaman. Kalau mau, Anda bisa menambahkan minyak aroma terapi atau irisan lemon dalam air rendaman. Merendam kaki dapat membersihkan sel-sel kulit mati serta melembutkan lapisan kulit yang tebal dan mengeras di tumit, jari kaki, dan mata kaki Anda.

Gunakan air hangat. Sebab air yang terlalu panas dapat menyebabkan kulit jadi kering dan pecah-pecah. Gunakan sikat berbulu halus untuk menggosok kuku, pergelangan kaki, punggung hingga telapak kaki.

Bersihkan dengan jeruk lemon

Anda bisa menggunakan jeruk lemon untuk membersihkan area kuku dan telapak kaki. Caranya cukup mudah, Anda tinggal menggosokkan potongan jeruk lemon pada kuku dan kaki secara perlahan dan bilas menggunakan air.

Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan alami serta asam lemak yang sangat ampuh untuk melembabkan kulit. Anda dapat mengoleskan minyak zaitun setelah melakukan rangkaian perawatan di atas dengan mengoleskannya secara perlahan ke seluruh pemukaan kaki.