5 Inspirasi Gaun Pengantin Bagi Anda yang Akan Melangsungkan Pernikahan Impian!
Gaun pengantin (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pernikahan adalah sebuah momen yang paling tak terlupakan dan berkesan di dalam hidup setiap orang. Tentunya di hari besar ini, semua yang menjalaninya ingin menampilkan yang terbaik agar bisa dikenang dengan indah, termasuk juga Anda yang pastinya memiliki konsep yang diwujudkan.

Namun, untuk mewujudkan impian ini tentunya membutuhkan waktu dan proses yang tidak mudah. Terutama bagi para wanita untuk menemukan gaun pengantin yang tepat dan sesuai dengan tema.

Walau banyak butik atau penata busana yang memiliki banyak pilihan, terkadang wanita masih sulit menemukan mana gaun yang tepat digunakan. Ada banyak potongan dan gaya gaun pernikahan yang dapat dipilih.

Bahkan hingga saat ini, Anda bisa menemukan berbagai potongan dan gaya pakaian pernikahan dari berbagai sumber. Seperti mengadaptasi gaya gaun jaman dulu yang kemudian dicocokkan dengan jaman kini yang modern agar tetap cantik dan tidak memiliki kesan jadul.

Namun, selain model atau tema seperti itu, Anda juga bisa menemukan berbagai potongan gaun yang bisa jadi inspirasi. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat beberapa ide gaun pernikahan di bawah ini!

1. Gaun Pernikahan Tradisional

Gaya gaun yang satu ini sudah sangat sering digunakan para pengantin di Indonesia sejak dahulu kala. Setiap pesta pernikahan pasti pasangan pengantin akan menggunakan pakaian tradisional khususnya pada acara akad nikah. Barulah saat acara resepsi akan menggunakan busana yang lebih modern. Namun, ada juga yang menggunakan pakaian tradisional ini pada saat acara resepsinya.

Gaya busana gaun pernikahan yang tradisional tentunya akan tetap terlihat modern jika Anda bisa menambahkan hiasan yang sesuai dikenakan. Biasanya jika ingin mengurangi atau menambahkan hiasan, Anda bisa langsung berdiskusi dengan penata busana dan penata rias pernikahan Anda. Biasanya kedua penata ini sudah sangat ahli dalam memadupadankan hiasan dan riasan agar terlihat menarik dan cantik di hari besar Anda.

2. Gaun Pernikahan Muslimah

Bagi Anda yang beragama Islam, gaun pengantin Muslimah akan mengedepankan sisi syar’i atau islami. Gaun yang digunakan tidak akan menerawang, ketat, dan menutup bagian tubuh yang sesuai dengan syariat Islam. Dan yang tidak kalah penting adalah adanya desain hijab yang disesuaikan dengan gaun agar terlihat serasi.

Ada banyak model lagi untuk gaun pengantin dengan tema ini, Anda bisa memilih jenis potongan lurus dan sederhana saat prosesi akad kemudian memilih potongan yang mewah saat resepsi. Model potongan seperti ball gown, A-line, atau lainnya bisa dipilih Anda sebagai gaun pengantin menyambut tamu.

Supaya terlihat lebih manis dan anggun, pilihlah warna-warna pastel atau soft seperti pink, moka, dan warna pastel lainnya. pemilihan warna yang soft ini akan membuat kesan syar’i lebih menonjol. Padukan juga gaun pengantin Anda dengan riasan sederhana dan tidak terlalu mencolok sehingga bisa menonjolkan sisi Muslimah di mata para tamu undangan.

3. Gaun Pernikahan Klasik

Tema vintage sedang hits beberapa waktu terakhir. Tidak heran jika banyak pasangan baru yang memiliki konsep pernikahan dengan tema yang satu ini. Penggunaan warna-warna yang pucat yang dikombinasikan dengan warna putih tulang seakan menonjolkan kesan vintage bisa dipilih jika Anda menyukai tema ini untuk pesta pernikahan Anda.

Gaun pengantin yang cocok dengan tema ini adalah gaun pengantin dengan lengan panjang dan potongan bangun di bagian bawahnya yang agak mengembang. Anda bisa memilih model untuk bagian dada apakah ingin yang terbuka atau tidak. Kain yang cocok untuk tema vintage ini biasanya adalah kain brokat atau satin dengan warna yang pucat.

Dengan potongan model gaun pengantin seperti ini, Anda sudah bisa memperlihatkan sisi vintage yang sesuai dengan konsep yang sudah Anda pilih, bukan?

4. Gaun Pernikahan Modern

Gaun pengantin yang terlihat modern biasanya adalah gaun dengan potongan lurus pada kebaya atau gaun yang dikenakan. Kemudian, Anda bisa menambahkan bagian bawah agar lebih diperpanjang seperti memiliki ekor.

Gaun seperti ini sangat terlihat modern untuk pengantin wanita. Anda bisa mengombinasikan gauh ini dengan bagian lengan yang dibuat pendek hingga batas siku. Jika Anda tertarik dengan gaun dengan model seperti ini, maka Anda bisa menggunakan kain dengan perpaduan brokat dan sejenisnya. Anda bisa mulai mencari ide-ide atau inspirasi lain untuk gaun pengantin modern yang Anda inginkan.

5. Gaun Pernikahan Simple

Bagi Anda yang memiliki konsep pernikahan outdoor, maka sebaiknya Anda memilih gaun pengantin yang cukup simple. Gaun yang satu ini biasanya memiliki potongan gaun pendek yang sampai sebatas lutut saja. Gaya gaunnya juga lebih santai karena mempelai wanita akan banyak menghabiskan waktu di luar ruangan.

Pada bagian lengannya, Anda bisa membuatnya menjadi lengan panjang atau pendek sesuai dengan selera. Bahan yang digunakan juga beragam, namun diusahakan kain yang dipilih adalah kain yang memiliki detail atau sedikit motif. Ini bertujuan agar Anda bisa tampil berbeda dan ekslusif di antara para tamu.

Tidak masalah jika Anda ingin memiliki gaun yang lebih panjang, namun pastikan panjangnya tidak terlalu berlebihan yang membuat Anda repot saat berada di luar ruangan.

Itulah beberapa ide dan inspirasi gaya gaun pengantin yang dapat Anda wujudkan untuk hari istimewa. Anda bisa langsung membeli gaun yang sudah jadi jika sesuai dengan model dan ukurannya di Blibli. Namun, tidak ada salahnya juga jika ingin membeli bahan dan membuat modelnya sendiri sesuai dengan keinginan.

Jangan lupa untuk pilih penata busana dan rias yang profesional, ya!