Cottagecore Aesthetic Trend, Ide Berpakaian ala Pedesaan dari Abad ke-18 yang Lagi Tren di Sosial Media
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Cottagecore Aesthetic merupakan tren fashion terbaru yang sedang hype di Instagram. Tren ini terkenal di kalangan mereka yang menyukai hal-hal berkaitan dengan estetika pedesaan Eropa pada abad ke-18.

Gaya ini biasanya menampilkan palet warna naturalistik dengan mengutip banyak inspirasi mode dari periode Regency dan Edwardian, terutama dalam kain dan siluetnya. Namun, itu tidak sepenuhnya tanpa kritik. Beberapa orang mencela pandangan yang berkiblat pada gaya kehidupan pertanian tradisional, gaya eurosentris, dan romantisasi zaman kolonial.

Menyadur HighEnd, Selasa 10 Mei, Mode Cottagecore menyerupai kombinasi elemen abad ke-18, Victoria, dan awal abad ke-20. Ini termasuk juga gaun musim semi yang muncul di akhir abad ke-18 dengan bentuk lengan kaki kambing dari era Edwardian, serta sentuhan akhir dari art nouveau.

(Anastasia Shuraev/Pexels)

Elemen penting lainnya dari tren estetika ini adalah lokasi tempat berkembangnya tren ini, yaitu di pertanian atau di pedesaan Inggris atau Prancis. Kerinduan untuk berada di lingkungan yang alami dan mandiri menginspirasi pakaian menjadi halus, mengalir, dan sederhana.

Hal ini juga berlaku untuk palet warna, di mana Anda akan sering menemukan warna pudar, motif kotak-kotak lembut, atau krim. Pada dasarnya, Anda ingin terlihat apa adanya seperti Anda baru saja keluar dari lukisan John Constable.

Cottagecore Aesthetic Fashion Style

Estetika ini mencakup serat, warna, dan pola alami, untuk memberikan kesan bahwa Anda tinggal di pedesaan Eropa. Untuk menciptakan tampilan ini, Anda dapat memilih gaun, rok, dan blus dalam nuansa terang seperti kulit telur, posy, atau sampanye, yang dipadukan dengan kain renda, muslin, atau pudar.

Pilihan motif populer untuk bulan yang lebih dingin yaitu motif gingham. Pada musim ini Anda juga dapat mencoba warna yang lebih gelap seperti khaki, umber, atau steel, yang terlihat bagus dengan blus lengan mengembang.

Anda juga dapat memilih topi jerami saat Anda berada di luar, dan tidak lupa menambahkan aksen pita untuk menciptakan nuansa awal abad ke-20. Anda juga dapat menambahkan beberapa sepatu Mary Jane atau sepatu bot Victoria dan jaga riasan Anda tetap segar dan alami untuk sentuhan akhir.