5 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehata Tubuh, Dipakai untuk Campuran Es Buah
Ilustrasi kolang kaling (Tyas Indayanti/Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG - Salah satu bahan yang wajib ada dalam campuran es buah adalah kolang-kaling. Biasanya isinya ditambah dengan jelly segar dan susu. 

Selain nikmat dan menyegarkan, kolang kaling juga ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat kolang-kaling yang wajib Anda ketahui.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat di dalam kolang-kaling dapat melancarkan pencernaan di dalam tubuh. Selain itu, kolang-kaling juga memiliki kandungan karbohidrat yang mengenyangkan dan dapat memberikan energi pada tubuh.

Mencegah Dehidrasi

Tidak heran jika kolang-kaling menjadi salah satu campuran hidangan favorit banyak orang untuk berbuka puasa. Kolang-kaling memiliki banyak kandungan air yang mampu mencegah risiko dehidrasi terutama saat Anda sedang menjalankan ibadah puasa.

Mengendalikan Gula Darah

Selain mencegah dehidrasi, kolang-kaling juga mampu membantu mencegah kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena senyawa polisakarida galactomannan yang terkandung di dalam kolang-kaling.

Memelihara Kesehatan Jantung

Kolang kaling juga mampu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, kolang-kaling juga mampu membantu mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh serta mencegah terjadinya penyakit kardiovaskuler, seperti serangan jantung dan stroke.

Meredakan Nyeri Sendi

Diketahui dari beberapa penelitian bahwa kolang-kaling memiliki kandungan zat anti radang yang juga dapat meredakan nyeri sendi.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.