Ketika Banyak Hal di Luar Kendali, Begini 5 Cara Mengontrol Diri
Ilustrasi cara mengontrol diri ketika banyak hal di luar kendali (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menghargai aspek positif dalam setiap perjalanan hidup perlu dilakukan. Meskipun ada beberapa hal di luar kendali, namun dialog positif dalam diri diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan, harapan, dan motivasi.  

Hal-hal di luar kendali bisa mengecilkan hati, menurut Chelom E. Leavitt, J.D./Ph.D.. Agar yakin bisa melewati hal-hal di luar kendali dan mendukung orang-orang tercinta, berikut rekomendasi cara efektif untuk mengontrol diri.

1. Doa atau meditasi

Dialog internal dalam diri yang positif dapat dilakukan dengan doa atau meditasi. Menurut sejumlah penelitian, dua cara ini efektif untuk melekatkan diri dan mendorong rasa keterhubungan. Bagi sebagian orang, mungkin telah melakukan langkah ini untuk merapatkan kontrol untuk menguatkan diri.

2. Berbicara positif

Mengutip Psychology Today, Senin, 25 April, dalam tinjauan studi sistematis tentang self-talk, para peneliti menemukan bahwa pembicaraan positif dan instruksional bermanfaat bagi kinerja olahraga dan performatif. Tidak peduli apa aktivitasnya, sedikit dorongan dapat meningkatkan upaya atau membantu kita mengembangkan lebih banyak ketabahan.

3. Mengetahui potensi diri

Motivasi bisa datang dari dalam diri ataupun lewat dukungan orang terdekat. Keterampilan dan potensi yang dimiliki perlu diapresiasi. Sesekali, pujilah diri sendiri karena mampu menyelesaikan beberapa hal dengan potensi yang Anda miliki. Pada momen lain, akui kenyataan dan dapatkan inspirasi supaya tetap berkembang.

4. Merawat diri sendiri, baik mental, fisik, dan spiritual

Salah satu tujuan istirahat adalah terhubung dengan diri sendiri. Itulah mengapa banyak ahli menyarankan untuk istirahat dan menepi. Dengan begitu Anda bisa melihat lebih dekat kesulitan yang dihadapi, kekhawatiran, dan besaran kekuatan. Merawat diri sendiri, sesederhana apapun aktivitasnya, dapat menyatukan  aspek mental, fisik, dan spiritual.

5. Merasa bersyukur

Laporan para peneliti dalam Journal of Happiness, bahwa menghargai aspek-aspek positif kehidupan mengarah pada berkurangnya psikopatologi, hubungan interpersonal yang lebih baik, dan peningkatan kesehatan fisik. Bersyukur merupakan salah satu cara untuk menghargai aspek positif. Efeknya, Anda lebih mengapresiasi upaya yang telah dilakukan, lebih terhubung dengan orang lain, dan merasa lebih rileks.

Kelima cara di atas bisa Anda lakukan agar bisa tetap dalam kontrol meski banyak hal di luar kendali.