Mengenal <i>Sunday Scaries</i> yang Kerap Dialami Pekerja, Lakukan 6 Tips Ini untuk Mengatasinya
Ilustrasi tips mengatasi kecemasan, Sunday scaries (Unsplash/Alexei Maridashvili)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Minggu libur dan Senin bekerja memicu suasana hati yang tak menentu. Rasa gelisah, lebih mudah marah, perut bermasalah, hingga perasaan tidak nyaman yang samar-samar mungkin dialami ketika mendekati pergantian hari. Meski disebut Sunday scaries, kondisi ini bisa muncul setiap pergantian hari libur ke hari kerja.

Sebuah survei yang dilakukan tahun 2018 oleh LinkedIn, menunjukkan perasaan ini sangat umum. Sejumlah 1.017 orang dewasa yang disurvei, 80 persen mengatakan mengeka mengalami kecemasan minggu malam. Perasaan cemas akan seminggu ke depan dan berakhirnya akhir pekan ini memang umum sekali dialami. Penyebabnya sangat banyak faktor, tetapi dilansir Healthline, ada satu penyebab utama yaitu hari pertama bekerja ada tugas yang paling tidak Anda sukai.

Penyebab yang lebih kompleks lagi, daftar tanggung jawab Anda banyak. Pada akhir pekan hal yang perlu diselesaikan tak berkurang sehingga mendapatkan dua hari libur tidak memotong tugas-tugas.

Untuk mengatasi akhir hari pada hari libur yang penuh kecemasan ini, membangun pemahaman penting dilakukan. Periksa kekhawatiran yang bersifat sementara tersebut dengan membuat jurnal. Tuliskan daftar tugas hingga mencari kemungkinan solusi. Jika Anda kewalahan dengan tugas yang harus diselesaikan, bagi mereka dalam tiga kategori. Antara lain hal yang harus Anda sendiri yang melakukan, tugas yang bisa menunggu, dan hal yang bisa dibantu dilakukan oleh orang lain.

tips mengatasi kecemasan, sunday scaries
Ilustrasi tips mengatasi kecemasan, Sunday scaries (Unsplash/Darius Bashar)

Cara lain dalam mengatasi Sunday scaries ialah dengan menjadikan akhir pekan lebih seru. Cobalah tips berikut untuk hari Minggu yang lebih tenang:

1. Selesaikan hal yang terburuk lebih dahulu

Pekerjaan, meski Anda tak menyukai tugas tertentu, perlu diselesaikan meski itu akhir pekan. Jadi selesaikan tugas-tugas Anda pada hari Jumat malam, jika Anda benar-benar ambisius. Jika tidak, alokasikan waktu setengah hari maksimal untuk selesaikan tugas yang paling tidak Anda sukai. Kemudian, sisakan waktu untuk bersenang-senang dan bersantai pada penutup hari.

2. Atur kecepatan menyelesaikan tugas

Cobalah untuk mendaftar semua tugas dalam seminggu. Lebih baik jika memberikan waktu sebelum tidur setiap harinya untuk menyelesaikannya. Anda bisa duduk bersantai di sofa sambil mengerjakan satu hal yang mungkin dilakukan agar tugas tak menumpuk menjelang akhir pekan.

3. Jadikan hari libur sebagai waktu eksklusif

Mendedikasikan hari libur untuk kegiatan santai akan membantu Anda merasa lebih rileks. Seperti dengan mengikuti kelas yoga, melakukan perjalanan, atau membaca buku yang paling Anda sukai.

4. Me time di rumah

Memperlakukan diri sendiri dengan baik lumayan bisa membantu menghalau kecemasan tentang ‘besok Senin’. Rencanakan suguhan khusus untuk diri sendiri pada Minggu malam. Misalnya memesan makanan dari restoran favorit atau mandi air hangat dengan sabun beraroma menenangkan.

5. Jadikah hari Senin sebagai momen spesial

Ketika Senin dianggap menakutkan, Anda bisa membuatnya lebih menyenangkan. Warnai hari pertama kerja dengan momen spesial, seperti memberi kabar dengan teman jauh. Atau berkomunikasi dengan teman sekantor tetapi membicarakan hal selain pekerjaan.

6. Abaikan teks dan email terkait pekerjaan

Membuat pikiran tenang, ada berbagai cara. Salah satunya dengan keluar sementara waktu dari keramaian notifikasi teks dan email dari gawai Anda. Tetapi tentu Anda perlu mengukurnya, jika keadaan darurat muncul tetap tak bisa mengelak bukan.

Di atas keenam tips dan brainstorming yang direkomendasikan untuk mengatasi Sunday scaries, dengan membiasakan memprioritaskan aktivitas di atas bisa mengurangi kecemasan.