10 Jenis Sayuran yang Cocok Dilengkapi dengan Bumbu Kacang, Sudah Pernah Anda Coba?
Ilustrasi jenis sayuran disajikan dengan bumbu kacang (iStockphoto)

Bagikan:

PALEMBANG - Ada banyak kuliner nusantara yang menggunakan sajian hidangan bumbu kacang. Makanan bumbu kacang yang paling dikenal populer, antara lain pecel, ketoprak, gado-gado, lotek, hingga karedok.

Jika Anda tertarik untuk mencukupi stok dan memasaknya sendiri di rumah, jenis sayuran berikut ini bisa jadi rekomendasi disandingkan dengan berbagai jenis kreasi bumbu kacang.

1. Kacang panjang

Hampir semua jenis masakan dengan sambal kacang, menggunakan kacang panjang sebagai salah satu bahan sayurannya. Bedanya, untuk karedok kacang panjang mentah dipotong. Tetapi untuk pecel dan lotek umumnya direbus setengah matang setelah dipotong  sepanjang dua ruas jari.

2. Kecambah dan taoge

Nah, lebih unik lagi biji yang bertunas baik dari kacang hijau sehingga jadi kecambah ataupun taoge, dipakai untuk semua jenis olahan dengan sambal kacang. Mulai dari pecel yang ditaburkan kecambah segar bersama daun kemangi, hingga lotek dengan taoge bermandikan bumbu kacang.

3. Kangkung

Kangkung merupakan tanaman yang bisa tumbuh di tanah gembur. Biasanya ditanam di pematang sawah. Sayuran ini, selain populer diolah dengan ditumis, bisa menjadi sayuran yang cocok disandingkan dengan bumbu kacang.

4. Daun kenikir

Bunga tumbuhan kenikir, kerap dimanfaatkan sebagai pewarna alami. Baik untuk pewarnaan benang atau kain dengan teknik ecoprint. Daunnya yang masih muda, bisa dipetik dan direbus untuk pecel. Agar lengkap dan tekstur yang kaya, Anda bisa menyandingkan kenikir dengan kacang panjang dan taoge.

5. Bayam

Bayam bisa dioleh menjadi berbagai hidangan, termasuk sayur bening. Selain itu, bayam juga tak jarang direbus untuk disandingkan dengan sambal kacang.

6. Daun singkong

Dipercaya mengandung tinggi zat besi, daun singkong selain bisa dimasak menjadi segar nan gurihnya sayur bobor. Bisa juga direbus dan dimandikan dengan bumbu kacang yang sudah dicairkan.

7. Kubis

Jenis sayuran selanjutnya yang cocok disajikan dengan sambal kacang, ialah kubis. Anda bisa menyandingkannya dipotong kotak atau memanjang. Umumnya, kubis dipotong panjang dipakai salah satu sayuran dalam karedok.

8. Mentimun

Aroma mentimun memendarkan kesegaran, biasanya sayuran ini dipakai untuk lalapan. Caranya agar memperkaya tekstur sajian Anda, potong kecil-kecil tanpa mengupas kulitnya.

9. Bunga turi

Dikenal dengan kembang turi, tanaman ini berbunga putih dengan tinggi lebih dari 1 meter. Bunga turi tidak memiliki rasa yang tajam, tetapi serbuk sarinya harus dibuang agar tidak terlalu pahit. Cara mengolahnya, cukup direbus sebentar saja sebelum disajikan.

10. Sawi putih

Biar hidangan bumbu kacang Anda semakin kaya rasa atau variasinya, bisa juga menggunakan sawi putih. Sawi putih bisa direbus sebelum dihidangkan. Kemudian agar warnanya tidak pucat, lengkapi hidangan dengan kacang panjang dan kemangi supaya lebih beraroma.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.