Untuk Makan Sahur, Hindari Memanaskan Kembali 7 Makanan Ini karena Bisa Beracun
Ilustrasi makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Makan sahur dengan nasi didampingi dengan sayur dan lauk hangat akan terasa nikmat. Tetapi perlu dikenali, makanan jenis tertentu tidak disarankan untuk dipanaskan lagi. Artinya Anda perlu menghindari memanaskan ulang makanan-makanan di bawah ini.

1. Sayur bayam

Sayur bayam, baik diolah menjadi sayur asem ataupun tumis, harus dimakan langsung setelah dimasak. Jika tidak, disarankan untuk dibuang saja atau dimakan dingin untuk menghindari kandungan nitratnya meninggi.

Kandungan nitrat pada dasarnya dibutuhkan oleh tubuh. Namun begitu aktif setelah dipanaskan akan mendorongnya melepaskan efek karsinogenik beracun saat tubuh memprosesnya.

2. Kentang

Setelah kentang dimasak dan dibiarkan dalam suhu ruangan, jangan dipanaskan lagi. Memanaskan ulang kentang dapat berubah menjadi racun terburuk. Karena suhu hangat mendorong pertumbuhan botulisme, bakteri langka yang biasa ditemukan di kentang.

makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali
Ilustrasi makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali (Unsplash/S Migaj)

Solusi terbaik, makan langsung habis setelah dimasak. Jika stok makanan dari kentang terlalu banyak, segera bungkus dengan wadah dan dinginkan dalam lemari pendingin.

3. Seledri dan wortel

Sup berbahan seledri dan wortel, enak dinikmati ketika hangat. Tetapi kedua sayuran ini punya sifat yang sama seperti bayam. Jadi lebih aman untuk mengeluarkan seledri dan wortel dulu, kemudian panaskan kuahnya.

4. Jamur

Jamur merupakan bahan makanan yang paling rentan terhadap mikroorganisme. Saat makan jamur yang dimasak, cara terbaik adalah memakannya segera setelah dimasak. Jika berencana memakannya lagi keesokan hari, pastikan memakan dingin karena memanaskan lagi jamur dapat berefek buruk pada perut Anda.

5. Telur

Mengutip My Recipes, Kamis, 14 April, telur merupakan sumber makanan protein tinggi. Tetapi ketika telur dimasak dalam suhu yang tinggi, bisa menjadi sumber penyakit yang serius. Baiknya, telur direbus atau orak-arik. Karena memanaskan kembali telur dapat merusak sistem pencernaan Anda.

6. Ayam

Menu makanan dari daging ayam, mungkin ialah hidangan paling umum. Karena pengolahannya cukup mudah serta tinggi mengandung protein. Tetapi protein dalam ayam mulai rusak ketika berkali-kali dipanaskan. Aturan umum jika Anda ingin menikmati sisa ayam hangat adalah memanaskannya kembali dengan microwave, wajan, atau oven hanya satu kali setelah persiapan awal. Anda juga perlu memastikan panas sampai merasuk ke daging yang paling dalam, kemudian bisa dinikmati.

Dari makanan di atas, mana yang paling sering jadi menu sahur Anda? Semuanya mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Supaya nutrisi tersebut tetap dalam kandungan utuh dan tak berubah jadi toksik, ikuti tips di atas ketika memanaskannya kembali ya.