Tips Mengakhiri Persahabatan Teman Lama, Tanpa Ada yang Terluka!
Ilustrasi pertemanan (Sam Mans/Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG- Pada saat kita beranjak dewasa, akan banyak hal yang hilang dan hal baru yang kita dapatkan. Seperti teman-teman lama akan menjauh dan teman baru berdatangan. Anda mungkin tidak memikirkan kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi, seperti berakhirnya hubungan tersebut. Ya, tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa orang, cepat atau lambat akan pergi dalam hidup Anda. 

Setiap orang tumbuh dan berpisah karena berbagai alasan dan tidak semua persahabatan dapat berlangsung seumur hidup.

Jika ada yang berusaha mempertahan hubungan persahabatan, di saat yang sama ada juga yang sedang memikirkan cara untuk memutuskan ikatan tersebut. Tidak seperti hubungan percintaan yang mudah diselesaikan, ikatan persahabatan membutuhkan cara tersendiri untuk diakhiri. 

Jika Anda sedang berada di ambang kebingungan, VOI melansir Very Well Mind, Rabu, 30 Maret, berikan tips dan trik cara mengakhiri persahabatan agar tak saling melukai.

Hilang secara perlahan 

Tidak perlu pusing jika Anda sudah bertekad memutuskan persahabatan. Mengakhirinya secara alami terkadang jadi pilihan terbaik. Anda bisa berhenti mengirim pesan terlebih dahulu dan perhatikan apakah mereka menyadari sinyal yang sengaja Anda kirimkan. Biasanya, jika Anda berhenti mengirim pesan mendadak, sahabat akan menyadarinya dan perlahan menjauh.

Komunikasi

Jika menghilang tidak juga membuat dia peka, maka cobalah komunikasi dengan sahabat. Katakan padanya apa yang Anda rasakan. Hindari menyebutkan semua hal buruk yang pernah dia lakukan dan fokuslah pada bagaimana cara Anda menyampaikan maksud Anda mengakhiri persahabatan.

Kirim pesan panjang

Jika mengirim pesan adalah cara yang Anda pilih untuk memutuskan hubungan dengan sahabat, pastikan untuk tetap berlaku sopan. Daripada terlalu fokus dengan alasan “putus”, akan lebih baik jika Anda mengingatkan sahabat tentang momen yang sempat dilalui bersama. Cobalah kirimkan email atau pesan di media sosial mereka dengan baik. Hindari kata-kata kejam atau perdebatan, hanya akhir yang pahit saja.

Pastikan hanya kalian yang tahu

Tidak perlu memberitahu semua orang jika persahabatan telah berakhir. Sebab, hal itu hanya akan membuatnya terasa terlalu dramatis. Anda dan mantan sahabat hanyalah orang dewasa yang memutuskan untuk tidak lagi bersama dan tidak ada yang salah dari itu.

Pilih waktu yang tepat 

Akan lebih baik untuk mencoba mencari waktu yang tepat untuk menghubungi mereka. Mungkin saja sahabat sedang ada di dalam waktu yang sulit. Jika Anda peka, seharusnya tidak menambah stres mereka dengan mengatakan kalau Anda ingin memutuskan jalinan persahabatan. Cek dulu sebelum mengirimi mereka pesan, ya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.